*Khusus rubrikasi berlangganan
REGULASI | KLINIK MINERBA E-MAGAZINE | FOKUS TAMBANG Sign in
TAMBANG TODAY
TAMBANG 19 Maret 2014 | 05.08
Investasi Sudah Dibangun, Pengusaha Enggan Kurangi Luas Wilayah
Jakarta-TAMBANG. Proses renegosiasi antara pemerintah dengan pengusaha baik pemegang lisensi KK ataupun PKP2B masih belum juga usai. Hingga hari ini Direktorat Jenderal Minerba masih belum mengumumkan siapa perusahaan yang akan menyusul 25 perusahaan KK dan PKP2B yang sebelumnya sudah menyepakati enam poin renegosiasi. Salah satu yang memberatkan adalah poin soal pengurangan luas wilayah.
TAMBANG 18 Maret 2014 | 19.21
Pemilik IUP Kecil Dianggap Memicu Kerusakan Lingkungan
Jakarta-TAMBANG. Kegiatan operasional pertambangan seringkali dituding sebagai penyebab rusaknya lingkungan di berbagai daerah di Indonesia. Banjir, longsor, pencemaran udara, air, hingga penyakit yang mendera warga dianggap sebagai tanggung jawab para pemilik tambang. Meskipun begitu, Indonesia Mining Asociation (IMA) menolak bila seluruh perusahaan tambang disalahkan soal kerusakan lingkungan. IMA menilai justru pemerintahlah yang memiliki andil terutama setelah pemberian izin besar-besaran kepada pemilik tambang skala kecil.
TAMBANG 18 Maret 2014 | 17.56
Langkah Banpu Kala Batu Bara Lesu
Bangkok TAMBANG. Salah satu raksasa batu bara Asia, Banpu, mulai serius melirik bisnis pembangkitan listrik sebagai upaya meminimalisir dampak fluktuasi harga batu bara. Tak hanya pembangkit listrik bertenaga batu bara, perusahaan asal Thailand tersebut pun berminat pada pengembangan listrik tenaga surya.
TAMBANG 18 Maret 2014 | 16.43
Mengritisi Pengelolaan Batu Bara
Batu bara merupakan sumber daya alam tak terbarukan dan sudah menjadi sumber energi primer utama di dunia. Ditengah besarnya tekanan terhadap batubara karena sebagai salah satu penghasil gas rumah kaca yang menyebabkan terjadinya kenaikan suhu bumi, produksinya tak pernah menurun.
TAMBANG 18 Maret 2014 | 16.25
Survei Seismik 3D Tanjung Aru Diserahkan Ke Kris Energy
Jakarta-TAMBANG. Kontraktor KKS, Kris Energy siap melakukan survei seismik 3D untuk blok Tanjung Aru di Wilayah Provinsi Sulawesi Barat pada 2014 ini. Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) menegaskan Sulawesi Barat sebagai salah satu target kegiatan usaha hulu migas dalam melakukan eksplorasi minyak dan gas bumi (migas).