*Khusus rubrikasi berlangganan
REGULASI | KLINIK MINERBA E-MAGAZINE | FOKUS TAMBANG Sign in
TAMBANG TODAY
TAMBANG 02 September 2014 | 08.36
DPR Apresiasi Upaya Pemerintah Dalam Renegosiasi Tambang
Jakarta - TAMBANG. Proses renegosiasi kontrak pertambangan pasca disahkannya Undang-Undang Minerba telah dilakukan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral. Hasilnya, per 29 Agustus 2014, sebanyak 107 KK dan PKP2B sudah menyepakati seluruh poin yang direnogosiasikan. Hal ini pun mendapat apresiasi dari pihak legislatif.
TAMBANG 02 September 2014 | 07.34
Pemerintah Fasilitasi Pengolahan Mineral Tanah Jarang
Jakarta-TAMBANG. Mineral tanah jarang (rare earth minerals) banyak terdapat di Indonesia khususnya di sekitar Bangka Belitung. Mineral tanah jarang yang merupakan bahan baku industri teknologi tinggi tersebut saat ini belum termanfaatkan karena terbatasnya kemampuan Indonesia untuk memisahkannya dari mineral logam induknya.
TAMBANG 01 September 2014 | 16.50
Pengamat: Pengendalian BBM Subsidi Oleh Pertamina Sudah Tepat
Jakarta-TAMBANG.Beberapa pekan silam konsumen BBM Subsidi dipusingkan karena kesulitan mendapatkan premium murah tersebut. Ini terjadi karena Pertamina mengurangi pasokan ke SPBU dengan tujuan BBM Subsidi tetap tersedia sampai akhir tahun. Namun akhirnya BUMN energi ini menormalkan kembali pasokan BBM subsidi.
TAMBANG 01 September 2014 | 16.25
‎Pemerintah Yakin Newmont Sepakati Besaran Royalti
Jakarta-TAMBANG. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan bahwa perusahaan tambang asal Amerika Serikat, PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) telah menyepakati besaran royalti komoditas emas 3,75%.
TAMBANG 01 September 2014 | 15.20
Jokowi Minta Menteri Baru Berantas Mafia Migas
Jakarta-TAMBANG. Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi mewajibkan kepada menterinya untuk bisa memberantas mafia minyak dan gas (migas) yang selama ini masih beroperasi di Indonesia demi terciptanya negara yang maju.