*Khusus rubrikasi berlangganan
REGULASI | KLINIK MINERBA E-MAGAZINE | FOKUS TAMBANG Sign in
TAMBANG TODAY
TAMBANG 06 Maret 2014 | 19.10
Harga Logam Mulia Dipatok Lewat Percakapan Telepon
New York TAMBANG. Mekanisme penentuan patokan (benchmarking) harga emas rentan dengan manipulasi. Lima bank multinasional dituduh melakukan kongkalikong melalui London Gold Fix, sehingga mengganggu pasar komoditi logam mulia secara global. Kini muncul wacana untuk mengkaji ulang sistem yang diwariskan oleh abad lalu.
TAMBANG 06 Maret 2014 | 17.02
Siam Cement Group Bangun Pabrik di Sukabumi
Jakarta-TAMBANG. Siam Cement Group (SCG), perusahaan asal Thailand yang bergerak di sektor industri semen membangun pabrik di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Investasi itu didorong ketertarikan SCG akan potensi tambang batu kapur yang terdapat di wilayah tersebut. SCG menargetkan mampu produksi hingga 3,4 juta ton per tahun.
TAMBANG 06 Maret 2014 | 16.18
Biodisel Ditingkatkan Untuk Seimbangi Neraca Perdagangan
Jakarta-TAMBANG. Penerapan UU Minerba No.4/2009 yang berujung pada kebijakan pelarangan ekspor mineral mentah ternyata berakibat pada neraca perdagangan nasional. Di sektor Minerba neraca perdagangan menurun tajam usai pemerintah meresmikan larangan ekspor per 12 Januari 2014 lalu. Namun, pemerintah masih yakin pengembangan biodisel akan mampu mengimbangi neraca perdagangan kembali.
TAMBANG 06 Maret 2014 | 15.29
Kolusi Perbankan Memanipulasi Harga Emas
New York TAMBANG. Lima bank harus menghadapi tuduhan atas manipulasi harga emas di pusat perdagangan London. Gugatan perwakilan kelompok (class-action) diajukan melalui pengadilan di New York, karena tindakan itu dianggap merugikan dan mengacaukan sektor keuangan secara global.
TAMBANG 06 Maret 2014 | 15.12
Besok 25 Perusahaan Akan Tandatangani Kesepakatan Renegosiasi
Jakarta-TAMBANG. Renegosiasi perusahaan pemegang Kontrak Karya (KK) dan Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batu Bara (PKP2B) mengalami kemajuan. Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara (Minerba), Kementerian ESDM berencana meresmikan nota kesepahaman dengan semua perusahaan yang sudah menyepakati poin renegosiasi.