Beranda Tambang Today Kementerian ESDM Bentuk Brigade Energi Beranggotakan 1.128 Orang

Kementerian ESDM Bentuk Brigade Energi Beranggotakan 1.128 Orang

 

Jakarta – TAMBANG. Menteri ESDM, Sudirman Said, memberikan pembekalan kepada 1.128 orang pegawai di lingkungan Kementerian ESDM yang direkrut dalam Brigade Energi. Personel Brigade Energi tersebut memiliki fungsi sebagai duta dalam menyosialisasikan penghematan energi.

 

“Saat ini, kondisi energi di Indonesia mengalami krisis. Produksi migas menurun, namun konsumsi terus meningkat. Ditambah lagi, kemampuan infrastruktur tidak mampu melayani kebutuhan masyarakat. Hal ini menciptakan adanya jarak antara kemampuan melayani masyarakat dengan kebutuhan masyarakat akan konsumsi energi,” Sudirman Said memberikan arahannya, Senin (24/8).

 

Acara pembekalan Brigade Energi tersebut adalah sekaligus pembukaan perkuliahan program internal Energy Management MBA (ENEMBA), yang digelar di Jakarta.

 

Menyikapi kesenjangan antara kemampuan dengan kebutuhan akan energi tersebut, Sudirman menyebut dua alternatif pendekatan. Pertama, dengan pendekatan minimalis, yang artinya cukup berusaha sesuai kemampuan apa adanya sehingga kemungkinan kesenjangan justru terasa makin jauh. Atau masalah itu bisa disikapi dengan pendekatan kejuangan, dengan mengerjakan apa yang dibutuhkan oleh bangsa dan masyarakat.

 

“Aspek yang dapat mendukung pendekatan kedua ini adalah kreativitas, upaya, keahlian, ilmu pengetahuan, dan keberanian mengambil risiko. Aspek-aspek tersebut dibutuhkan untuk menjembatani kemampuan dan kebutuhan,” jelasnya.

 

Namun ia pun mengingatkan bahwa ada faktor-faktor yang bisa mengganggu upaya tersebut, seperti pragmatisme berlebihan, cara pandang jangka pendek, sikap berkhianat pada publik, serta sikap koruptif. Untuk menghindarinya, Sudirman mendorong untuk memaksimalkan segala daya dan upaya, termasuk kreatifitas, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta keberanian.

 

“Pendidikan adalah investasi yang tidak pernah salah. Maka, teman-teman harus dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menambah perbekalan. karena teman-teman yang akan menjadi duta dari Kementerian ESDM untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat, bagaimana kita mengelola energi ke depan,” ujar Sudirman, menyemangati anggota Brigade Energi.

Artikulli paraprakSaatnya Bahan Bakar Ekonomis Diterapkan
Artikulli tjetërDelta Dunia Makmur Kerjakan Eksplorasi di Jambi dan Kaltim