Beranda Batubara Amir Sambodo Diganti dari Posisi Kepala Eksekutif

Amir Sambodo Diganti dari Posisi Kepala Eksekutif

Amir Sambodo. Sumber foto: amirsambodo.wordpress.com

Jakarta – London, TAMBANG. PERUSAHAAN yang fokus pada tambang batu bara, Asia Resource Minerals, mengganti kepala eksekutifnya di saat perusahaan itu tengah berjuang keras menata keuangannya. Dalam pengumumannya Rabu kemarin waktu London, kepala eksekutif yang diganti itu adalah Amir Sambodo.

 

Amir Sambodo, demikian bunyi pengumuman itu, setuju untuk mundur sebagai kepala eksekutif sesegera mungkin, dan diganti oleh Hamish Tyrwhitt.

 

Tyrwhitt telah bekerja selama 28 tahun pada perusahaan konstruksi Leighton Holdings Ltd, dari Australia. Ia bekerja sebagai kepala eksekutif merangkap managing director dari 2011-2014. Sebagian besar kariernya berlangsung di Asia.

 

‘’Tyrwhitt membawa jaringan lokal di Indonesia, dan ia memiliki pengalaman operasional yang tak tertandingi,’’ demikian bunyi pengumuman pemegang saham besar Asia Resources.

 

Asia Resources baru saja melewati pertempuran di antara sesama pemegang saham, yang berujung pada rapat umum luar biasa pemegang saham, Januari lalu. Ide pemegang saham terbesar, Samin Tan, untuk mengganti Amir Sambodo dan beberapa pengurus perusahaan tidak berhasil. Penentang utamanya adalah pengusaha keuangan dari Inggris, Nathaniel Rothschild.

 

Asia Resources baru saja mencapai kesepakatan dengan pemegang obligasinya untuk merestrukturisasi utangnya, dengan jatuh tempo dimundurkan menjadi 2015 dan 2017. Nathaniel Rothschild juga setuju untuk menjamin utang yang diterbitkan, sebesar US$ 100 juta, yang rencananya dipakai untuk membayar sebagian utang yang jatuh tempo.

 

Pada hari Rabu kemarin, Asia Resources mengumumkan, Otoritas Perilaku Keuangan Inggris menemukan bahwa Asia Resources akan mendapatkan hukuman denda yang cukup besar, setelah investigasi menunjukkan bahwa perusahaan ini melanggar aturan.

 

Artikulli paraprakKasus PHE Raja Tempirai: Hakim PN Jakpus Langgar Profesionalisme dan Kode Etik
Artikulli tjetërPergantian Amir Sambodo Menimbulkan Keresahan