Beranda Batubara APBI Siapkan Pergantian Ketua Umum

APBI Siapkan Pergantian Ketua Umum

Jakarta – TAMBANG – Asosiasi Pertambangan Batu Bara Indonesia (APBI) segera miliki ketua umum baru. Tiga nama calon sudah santer beredar untuk menggantikan posisi Bob Kamandanu itu.

 

Acara pemilihan Ketua Umum APBI akan digelar Rabu, 1 April 2015 mendatang. Berdasarkan narasumber internal, tiga orang petinggi perusahaan batu bara sudah dicalonkan untuk menduduki jabatan tersebut.

 

pandu sjahrir
Pandu Sjahrir, Direktur PT Toba Bara Sejahtra, Tbk.

Pandu Sjahrir yang saat ini menjabat Wakil Ketua APBI adalah salah satu calon yang dijagokan. Sejak tahun 2011, ia menjadi Direktur PT Toba Bara Sejahtra, Tbk.

 

Sebelum bergabung dengan Toba Bara, Sjahrir bekerja sebagai konsultan perusahaan investasi Matlin Patterson, yang bermarkas di New York, Amerika Serikat. Ia pun pernah bekerja di institusi finansial internasional, yaitu Byun & Co, serta Lehman Brothers. Pendidikan tinggi dienyamnya pula di negeri Abang Sam, hingga mendapat gelar Bachelor of Arts (BA) dari University of Chicago dan gelar Master of Business Administration (MBA) dari Stanford Graduate School of Business.

 

Nama lain yang juga tak asing di industri batu bara dan dicalonkan menjadi Ketua Umum APBI adalah Milawarma. Saat ini, Milawarma menjabat sebagai Direktur Utama perusahaan tambang plat merah, PT Bukit Asam (Persero), Tbk. Dalam organisasi APBI, namanya pun tercantum sebagai salah satu penasehat.

 

Milawarma - PTBA
Milawarma, Direktur Utama PT Bukit Asam (Persero), Tbk.

Sarjana Tambang dari UPN Veteran Yogyakarta ini juga sempat mengenyam pendidikan magister di University of Wollongong, Australia. Setelah rampung di tahun 1995, ia mulai menapaki karier di PTBA. Berbagai jabatan di BUMN itu pernah dipercayakan kepadanya, mulai dari Kepala Dinas Perencanaan Tambang Jangka Panjang, Kepala Diversifikasi Usaha, Analis Bisnis / Profesional Senior Pengembangan Usaha, Sekretaris Perusahaan, serta Direktur Operasi Produksi Perseroan. Sejak 2011, ia pun memegang tampuk pimpinan tertinggi PTBA. Tahun lalu, ia juga sempat dicalonkan untuk menjadi Direktur Utama PT PLN (Persero).

 

Nama terakhir yang beredar untuk mengisi jabatan Ketua Umum APBI adalah Arie Prabowo Ariotedjo. Saat ini ia menjabat sebagai Direktur Utama PT Medco Energi Mining Internasional, anak usaha dari PT Medco Energi Internasional, Tbk.

 

Arie Prabowo Ariotedjo - Medco
Arie Prabowo Ariotedjo, Direktur Utama PT Medco Energi Mining Internasional, Tbk.

Ia mendapat gelar sarjana teknik sipil pada tahun 1981 dari Purdue University, Amerika Serikat. Kemudian ia melanjutkan studi dan mendapat gelar Master of Science (MSc.) Teknik Sipil dari University of Michigan, Amerika Serikat. Sempat menjadi pegawai negeri di Departemen Pekerjaan Umum, Arie kemudian menambah pengalaman di PT Citra Marga (1987-1992) dan PT Citra Permatasakti (1992-2002). Ia pun pernah menjadi direktur utama sebuah perusahaan pengembang properti bernama PT Wikaraga, sebelum bergabung dengan Medco pada tahun 2006.

 

 

 

Artikulli paraprakGunungbayan Hentikan Penambangan di Muara Tae
Artikulli tjetërMedco E&P Dukung Pertanian Organik Demi Ketahanan Pangan