CSR

Berau Coal Tekankan Keselamatan Kerja Peringati Bulan K3

Berau Coal Tekankan Keselamatan Kerja Peringati Bulan K3

Jakarta, TAMBANG – PT Berau Coal kembali menggelar kegiatan peringatan bulan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) Nasional 2019, bertemakan “Wujudkan Kemandirian Masyarakat Indonesia Berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk Mendukung Stabilitas Ekonomi Sosial”.

 

Kepala Teknik Tambang Berau Coal, Feri Indrayana mengatakan, peringatan bulan K3 2019 ini menjadi salah satu momentum strategis untuk kembali mengingat betapa pentingnya keselamatan kerja. Bulan K3 juga jadi momentum agar pekerja mampu meningkatkan kesadaran dan pemahaman terhadap semua aspek K3. Sehingga budaya K3 di lingkungan operasional Berau, mampu terjaga dan selalu mengalami perbaikan ke depan.

 

“Keselamatan kerja harus dijadikan prioritas. Keselamatan bukan hanya untuk kepentingan diri sendiri, tapi juga untuk orang-orang di sekitar, rekan kerja dan terutama bagi keluarga tercinta yang sedang menunggu di rumah. Kita harus selalu memiliki prinsip hebat di saat kerja dan pulang harus dalam keadaan selamat,” tutur Feri saat menjadi pembina upacara peringatan K3, dalam keterangan resminya, Kamis (24/1).

 

Target 2019, kinerja keselamatan kerja akan memokuskan pada penerapan golden rules. Serta  Peraturan Menteri Nomor 38 Tahun 2014 tentang Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP) Mineral dan Batu Bara.

 

“Dalam menghadapi tantangan produksi batu bara 2019, maka pada perayaan bulan K3 ini kita semua dituntut oleh perusahaan untuk selalu mengutamakan perilaku aman dalam bekerja serta mengikuti pola hidup sehat,” ungkap Feri.

 

Diharapkan, penerapan budaya bekerja yang sesuai prosedur, dapat menjamin keselamatan dan kesehatan karyawan, serta orang lain yang berada di tempat kerja. Tentu dengan mengendalikan risiko penggunaan peralatan, aset dan sumber produksi sehingga dapat digunakan secara aman dan efisien agar terhidar dari kecelakaan dan penyakit akibat kerja.

 

Selain itu, dalam memperingati bulan K3 2019, BC akan menggelar Pemilihan Duta K3, Lomba Menggambar Anak, Lomba Sinematografi Film Pendek mengenai keselamatan diluar tambang/kehidupan sehari-hari, Social Experiment, Materi Safety Talk, Lomba Jingle SMKP, Bola Volly, Seminar Kesehatan, Lomba Penilaian Jalan Tambang Terbaik, Internal Fire & Rescue Chalange, Bola Basket dan Fun Run.

 

Di kesempatan ini, Feri juga menghimbau, mengajak dan mendorong agar seluruh karyawan BC dan mitra kerja dapat berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan perayaan Bulan K3 2019, sebagai bentuk komitmen kita dalam membudayakan K3 di lingkungan kerja BC.

 

”Saya yakin, dengan mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut dapat meningkatkan semangat dan motivasi untuk terus memberi kontribusi positif terhadap budaya keselamatan dan kesehatan kerja yang ada di BC pada khususnya dan nasional pada umumnya” pungkas Feri.

 

 


Close
Close