Bosch Kedepankan Solusi Teknologi pada Ajang Pameran Pertambangan

Bosch Kedepankan Solusi Teknologi pada Ajang Pameran Pertambangan

Bosch 2Jakarta – TAMBANG. Bosch, perusahaan penyedia layanan dan teknologi global, menampilkan solusi teknologi inovatif yang khusus dikembangkan untuk industri pertambangan. Inovasi terbaru dari divisi drive and control Bosch, kampanye connected hydraulics, diperkenalkan untuk pertama kalinya kepada pasar Indonesia di pameran Mining Indonesia 2017.

 

Andrew Powell, Managing Director Bosch di Indonesia menjelaskan berbagai produk dan layanannya yang ditujukan untuk dapat membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas pada berbagai kondisi operasional, seperti konstruksi maupun pertambangan. “Fokus kami tahun ini adalah mempersingkat waktu produksi, serta menciptakan lokasi kerja yang lebih aman, hemat energi, dan produktif,” ujarnya.

 

Industri 4.0 menekankan pentingnya sistem hidrolik terkoneksi. Sistem ini dapat meningkatkan kinerja mesin dan pabrik melalui pemantauan parameter kondisi mesin (condition monitoring) dan pemeliharaan prediktif (predictive maintenance). Untuk itu, Bosch menawarkan solusi terukur, mulai dari satuan mesin dengan pengecekan lokal, hingga sistem pemantauan berbasis cloud untuk seluruh area pabrik. Sensor akan memantau semua kegiatan operasional, sedangkan peranti lunak akan membantu menganalisis kinerja mesin, sebelum terjadi kerusakan.

 

Salah satu teknologi Bosch yang dihadirkan pada ajang Mining Indonesia 2017 ini yaitu sistem connected hydraulics yang mudah dihubungkan, adalah motor Hägglunds, antara lain seri CB 280. Sistem penggerak langsung Hägglunds telah lama digunakan di berbagai bidang teknologi, dan terdiri dari unit penggerak, motor, serta sistem kontrol.

 

Dengan desain yang kokoh serta ketahanan di medan yang berat dan menantang, motor Hägglunds CB 280 cocok untuk berbagai jenis alat berat, seperti mesin penggali (bucket wheel), mesin pemindah material (apron feeder), sabuk berjalan (conveyor belt), atau long drives di industri pertambangan. Sistem pengendali penuh untuk kecepatan dan torsi menghasilkan pekerjaan yang tepat dan lancar. Selain itu, desain yang praktis dan fungsi serba guna memberikan kebebasan kepada konsumen untuk merancang konfigurasi yang mereka inginkan.

 

Bosch perluas rangkaian solusi untuk produk off-highway

Produk dan solusi off-highway dari divisi automotive aftermarket Bosch dirancang khusus untuk dapat bertahan di berbagai kondisi operasional yang ekstrim untuk aplikasi off-road, seperti sektor konstruksi dan pertambangan, pertanian dan kehutanan, transportasi darat dan laut, serta pembangkit listrik. Produk-produk yang ditampilkan meliputi aki, busi, wiper, lampu, sistem starter, hingga alternator. Untuk solusi alat berat, Bosch memperkenalkan EasyFit dan aki Bosch T5 Mega Power Duty.

 

EasyFit adalah sistem asistensi penggerak modular yang menggunakan empat kamera dengan jangkauan sudut pandang yang luas. Kamera tersebut dapat menampilkan objek dari 10 sudut pandang berbeda pada mode pemandangan (landscape), atau 7 sudut pandang berbeda pada mode potret. Teknologi ini membantu meningkatkan efisiensi dengan pergerakan yang lebih mudah, serta meningkatkan keselamatan alat-alat dan pekerja. Kamera tersebut juga memungkinkan video hadir dalam format PAL atau NTSC, yang dapat ditampilkan pada berbagai monitor dengan hasil yang sama dengan aslinya. EasyFit juga dapat menghemat biaya dengan meningkatkan efisiensi mesin serta mencegah kerusakan. Algoritma kalibrasi yang intuitif memudahkan integrasi pada setiap kendaraan, baik pada seri produksi maupun solusi perbaikan.

 

Aki Bosch T5 Mega Power Duty juga berperan dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Dirancang untuk penggunaan jangka panjang, baterai ini mampu bertahan menghadapi getaran hebat dan karatan. Aki T5 Mega Power Duty cocok untuk kendaraan pertambangan, dump truck, dan alat berat lainnya yang dioperasikan di medan berat.

 

Bosch terus berkomitmen untuk menghadirkan solusi yang inovatif, terpercaya, dan disesuaikan untuk memberikan yang terbaik kepada konsumen. Melalui partisipasinya di Mining Indonesia 2017, Bosch berupaya meningkatkan pertumbuhan bisnis di pasar global serta mempertahankan posisinya sebagai pemimpin di industri pertambangan.


Close
Close