Beranda Batubara BUMI Resources Jadi Perusahaan Batu Bara Peraih ESG Tertinggi di Dunia

BUMI Resources Jadi Perusahaan Batu Bara Peraih ESG Tertinggi di Dunia

Jakarta, TAMBANG – PT Bumi Resources Tbk (BUMI) meraih peringkat teratas dari 56 perusahaan batubara di seluruh dunia pada bulan Juni 2022 oleh penyedia layanan data keuangan global terkemuka, Refinitiv, yang memberikan penilaian dan pemberian skor ESG (Environmental, Social and Governance).

Hasil tersebut menunjukkan kinerja pengungkapan ESG BUMI yang kuat dengan raihan skor 84 (dalam skala 100). Di situs web mereka, Refinitiv mengkategorikan skor di atas 75 (Fourth Quartile) sebagai indikasi kinerja ESG yang relatif sangat baik dan tingkat transparansi yang tinggi dalam melaporkan data materi ESG kepada publik.

Presiden Direktur BUMI, Adika Nuraga Bakrie mengatakan, capaian ini berkat komitmen BUMI untuk menjalankan bisnis secara berkelanjutan serta menerapkan ESG secara konsisten.

“Untuk mencapai visinya, BUMI secara terbuka berkomitmen untuk menjalankan bisnis secara berkelanjutan. BUMI juga telah mengembangkan laporan keberlanjutan sejak tahun 2016 hingga sekarang, yang mempublikasikan keberhasilan praktik ESG yang diterapkan oleh BUMI dalam berbagai aspek keberlanjutan, seperti kinerja ekonomi, praktik ketenagakerjaan, kepatuhan, lingkungan, dan kemasyarakatan, serta hak asasi manusia,” katanya, dikutip Jum’at (1/7).

Dia menambahkan bahwa perusahaan sangat bangga dengan pencapaian peringkatnya di Refinitiv, sebagai penyedia data dan infrastruktur pasar keuangan terkemuka, untuk mengukur posisi kinerja ESG BUMI di antara perusahan sejenis dan untuk terus mengkomunikasikan pencapaian ESGnya.

Refinitiv, sebelumnya dikenal sebagai Thomson Reuters, adalah bisnis dari London Stock Exchange Group (LSEG), dan salah satu penyedia data dan infrastruktur pasar keuangan terbesar di dunia.

Refinitiv memiliki pendapatan $6,25 miliar, lebih dari 40.000 pelanggan dan 400.000 pengguna akhir di 190 negara. Refinitiv berkantor pusat di London, Inggris.

Skor ESG dari Refinitiv dirancang untuk secara transparan dan objektif mengukur kinerja, komitmen, dan efektivitas ESG relatif perusahaan dalam 10 tema utama (emisi, inovasi produk lingkungan, hak asasi manusia, pemegang saham, dll.) berdasarkan data yang dilaporkan kepada publik.

Skor ESG Refinitiv mengukur kinerja ESG perusahaan berdasarkan laporan data yang dapat diverifikasi di ranah publik. Skor ESG tersebut meliputi dan menghitung lebih dari 630 pengukuran ESG di tingkat perusahaan, di mana sebagian dari 186 yang paling sebanding dan material per industri memperkuat penilaian dan proses penilaian perusahaan secara keseluruhan.

Refinitiv dikelompokkan ke dalam 10 kategori yang membentuk tiga skor pilar dan skor ESG akhir, yang mencerminkan kinerja ESG perusahaan.

Artikulli paraprakPT Berau Coal Sukses Raih Dua Penghargaan Tertinggi Di Ajang BISRA 2022
Artikulli tjetërPendaftaran BBM Subsidi Lewat Website MyPertamina Khusus untuk Roda Empat