Beranda Mineral Daftar Investasi di KEK Sorong, TGEM Serius Akan Bangun IGNITE Ecopark

Daftar Investasi di KEK Sorong, TGEM Serius Akan Bangun IGNITE Ecopark

Kiri-kanan: Gabriel Hasahatan Simanjuntak (Direktur Utama MOW), Widodo Sucipto (Direktur Utama TGEM), Salmon Samori (Administratur KEK Sorong), Suroso, S.I.P., MA (Asisten 2 Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Sorong), dan Richard Tandiono (Chairman TGEM)

Jakarta,TAMBANG,- PT Trinitan Green Energy Metals (TGEM) baru-baru ini menyelenggarakan Seremonial Pendaftaran Investasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sorong, sekaligus Penandatanganan MOU “Alokasi Lahan Areal Project IGNITE Sorong” dengan PT Malomoi Olom Wobok (MOW), yang merupakan pengelola KEK Sorong.

Penandatanganan MOU dilakukan oleh Widodo Sucipto selaku Direktur Utama TGEM dan Gabriel Hasahatan Simanjuntak selaku Direktur Utama MOW, serta turut disaksikan oleh PJ Bupati Kabupaten Sorong, yang diwakili oleh Suroso, S.I.P., MA, selaku Asisten 2 Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Sorong, dan Richard Tandiono selaku Chairman TGEM.

Sementara seremonial pendaftaran investasi TGEM di KEK Sorong ditandai dengan penyerahan bundle dokumen pendaftaran investasi oleh Widodo Sucipto kepada Salmon Samori selaku Administratur KEK, dan disaksikan juga oleh Suroso selaku perwakilan PJ Bupati Sorong, dan Richard Tandiono selaku Chairman TGEM.

Adapun, kedua kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari rencana TGEM untuk membangun sebuah kawasan pengolahan Nikel kelas 1 di KEK Sorong, yang diproyeksikan akan menjadi kawasan Eco Industrial Park terintegrasi pertama di Indonesia dengan nama Indonesia Green Nickel Integrated Technology Ecopark (IGNITE Ecopark).

Untuk diketahui, IGNITE Ecopark akan menggunakan Teknologi Hidrometalurgi Step Temperature Acid Leach (STAL) sebagai teknologi utama untuk mengesktrak Nikel, serta didukung berbagai industri pendukung terutama untuk energi, gas, maupun chemical dan waste management, dengan mengedepankan environmental sustainibility dan emission reduction.

Menurut Direktur Utama TGEM, Widodo Sucipto, Kabupaten Sorong memiliki potensi sebagai pusat industri nikel, karena berada di salah satu lokasi sentral cadangan bijih nikel di Indonesia. Selain itu, Widodo juga memuji kesiapan fasilitas yang dimiliki KEK Sorong seperti ketersediaan energi, gas, maupun pelabuhan yang memadai.

Widodo yakin bahwa proyek dan investasi yang dilakukan TGEM di KEK Sorong ini akan tumbuh secara positif, dan nantinya ketika sudah berjalan tentu akan dapat menyerap potensi tenaga kerja lokal di Kabupaten Sorong. Oleh karena itu, lanjut Widodo, dirinya dan segenap jajaran PT Trinitan Green Energy Metals (TGEM) meminta dukungan dari pengelola KEK Sorong, administrator KEK, Pemerintah Daerah Kabupaten Sorong beserta para OPD demi kelangsungan proyek dan investasi TGEM di KEK Sorong tersebut.

Dalam acara penandatanganan MOU yang dilaksanakan pada Senin (10 Oktober 2022) yang lalu itu, Suroso, S.I.P., MA, selaku Asisten 2 Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Sorong, yang mewakili PJ Bupati Kabupaten Sorong juga menyampaikan terima kasihnya kepada TGEM untuk kesediaannya berinvestasi di KEK Sorong, sekaligus berharap agar investasi tersebut dapat menjadi motor penggerak ekonomi daerah, serta mampu memberikan multiplier effect bagi perputaran ekonomi di Kabupaten Sorong.

Suroso juga menegaskan komitmen Pemda Kabupaten Sorong untuk mendukung pengembangan investasi yang masuk ke Kabupaten Sorong, sekaligus mendorong untuk terciptanya pembahasan langkah-langkah lanjutan antara TGEM dengan instansi dan perangkat daerah terkait.

Artikulli paraprakAmankan Pasokan Listrik Untuk Ausmelt Furnace, PT Timah,Tbk Gandeng PT PLN
Artikulli tjetërSukseskan G20, Wamen BUMN Pastikan Kesiapan SPKLU PLN