Beranda Tambang Today Dapat Pasokan Gas PLTG Borang Beroperasi Kembali

Dapat Pasokan Gas PLTG Borang Beroperasi Kembali

Vicharius DJ
[email protected]

Jakarta-TAMBANG. Pembangkit Listrik Tenaga Gas Borang di Sumatera Selatan kembali beroperasi setelah berhasil mendapatkan pasokan gas dari PT Medco Energi. Sejak 13 Oktober lalu PLTG berkapasitas 100 MW itu tidak mendapatkan pasokan gas karena kontraktual gas habis.

Bambang Dwiyanto, Manager Corporate Communication PT PLN (Persero) mengatakan, hal ini tidak lepas dari peran serta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral yang turun tangan mengatasi debotlenecking birokrasi dan menginstruksikan agar kebutuhan gas untuk pembangkit tersebut dipenuhi hari ini juga.

“Dengan demikian, PLTG Borang yang sejak pertengahan bulan lalu tidak bisa beroperasi karena tidak ada bahan bakar, mulai hari ini bisa beroperasi kembali dan memasok listrik untuk masyarakat di Sumatera Selatan,” ujar Bambang dalam keterangan persnya, akhir pekan di Jakarta.

Dengan tambahan pasokan dari PLTG Borang maka kebutuhan listrik di Palembang yang sempat tidak terpenuhi karena adanya gangguan transmisi Lahat – Baturaja Jum’at (31/10) kemarin kini bisa terpenuhi kembali. Beban puncak listrik di Palembang sekitar 460 MW dan beban puncak Sumatera Selatan sekitar 730 MW.

Gas dari PT Medco Energi tersebut akan mengalir bertahap. Hari ini sebesar 8 – 10 mmbtu sehingga bisa mengoperasikan mesin PLTG sebesar 50 MW dan mulai besok direncanakan mengalir sebesar 18 mmbtu dan bisa mengoperasikan 100 MW PLTG Borang.

“PLN sangat berterima kasih kepada Menteri ESDM atas upaya ang dilakukan, meskipun hari ini hari libur namun bisa mengatasi masalah birokrasi dan kontraktual.”

Artikulli paraprakPBNU Dukung Kenaikan BBM Bersubsidi
Artikulli tjetërKebijakan Biodiesel Malaysia Kerek Harga CPO