Beranda Batubara ESDM Optimis Capai Target PNBP Minerba 2015

ESDM Optimis Capai Target PNBP Minerba 2015

Jakarta-TAMBANG. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral masih optimis dapat mencapai target Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) 2015 sebesar Rp 44,3 triliun dari sektor pertambangan mineral dan batu bara.

 

Direktur Jenderal Minerba, R Sukhyar memaparkan, tahun ini pihaknya tidak akan mengandalkan sepenuhnya peningkatan capaian PNBP dari hasil pembayara piutang. Selama tahun 2014, sudah banyak perusahaan yang meningkatan kepatuhan mereka dengan membayar royalti.

 

“2015 tidak ada piutang meskipun masih ada beberapa IUP yang belum membayar tapi jumlahnya sangat kecil,” kata Sukhyar di kantornya, Selasa (6/1).

 

Lebih lanjut ia memaparkan bahwa untuk tahun 2015, realisasi PNBP akan bergantung pada kemajuan smelter mineral yang akan memberikan royalti pada Negara. Selain itu, pemerintah juga bergantung dari hasil pungutan tariff PNBP batu bara yang sudah dinaikkan.

 

“Royalti untuk IUP kan naik 7,9, hingga 13,5% walalupun revisi PP No.9 nya belum selesai hingga kini,” ujar Sukhyar.

 

Sebagai informasi, PNBP sektor Minerba untuk tahun 2014 mencapai lebih dari Rp 34 triliun. Jumlah itu belum melampaui target yang ditetapkan di awal tahun 2014 sebesar Rp 39 triliun. Namun jumlah ini naik siginifikan dibanding tahun 2013 setelah Kementerian ESDM, KPK, dan instansi pemerintah lain melakukan koordinasi dan supervisi pada IUP yang tersebar di 12 provinsi.

Artikulli paraprakTahun Lalu Indonesia Bakar Subsidi Rp240 Triliun
Artikulli tjetërHarga Minyak Merosot Hingga US$ 50