Beranda Mining Services Hino Luncurkan Generasi Ranger Terbaru di Indonesia

Hino Luncurkan Generasi Ranger Terbaru di Indonesia

Jakarta – TAMBANG. Indonesia mendapat kehormatan untuk menjadi saksi sejarah lahirnya HINO500 Series New Generation Ranger. Kehormatan ini didapatkan Indonesia yang merupakan pasar terbesar kedua untuk Hino, dan bahkan memegang peran aktif dalam produksi regional.

 

“New Generation Ranger telah dioptimalkan untuk pasar Indonesia dan Anda,pelanggan kami di Indonesia. Ini merupakan truk dengan kualitas Jepang yang tumbuh dan berkembang bersama Indonesia. Truk ini dirancang khusus untuk Indonesia,” ungkap Yasuhiko Ichihashi, Presiden – Member of the Board Hino Motors Ltd. dalam acara peluncuran di Jakarta, Kamis (15/1).

 

Hino1
Peluncuran HINO500 Series New Generation Ranger – Jakarta, 15 Januari 2015. (Kiri ke kanan: Santiko Wardoyo, Hiroo Kayanoki, Yasuhiko Ichihashi, Kenji Nagakubo)

 

 

Untuk pertama kalinya di dunia, tampilan HINO500 Series New Generation Ranger secara resmi bisa disaksikan di Indonesia. Terinspirasi dari beragam kebutuhan pelanggan yang ada di penjuru nusantara, Hino memperhatikan dan mengembangkan produk untuk menjadi solusi bagi kebutuhan pelanggan tersebut.

 

Tak hanya Sekitar 50% komponen truk tersebut juga sudah merupakan buatan dalam negeri. Proses uji coba produk sebelum peluncuran ini pun dilakukan di kawasan pertambangan di Pulau Kalimantan selama hampir 10 bulan, dengan menempuh jarak total 100 ribu kilometer.Hasilnya, HINO500 New Generation Ranger terbukti mampu menaklukan medan berat itu.

 

“Sebelum kita meluncurkan atau melakukan produksi massal suatu produk,kita pasti melakukan uji coba. Kebetulan daerah dengan medan yang paling berat adalah kawasan pertambangan di Kalimantan, karenanya kita pilih melakukan uji coba di sana,” jelas Santiko Wardoyo, Direktur Sales & Promotion Hino Motors Sales Indonesia.

 

Mengusung konsep “Drive Your Business Easier”, generasi terbaru truk Hino ini menawarkan keuntungan untuk para penjual barang, pemilik transportasi, pengemudi, dan pembeli barang. Dengan menggunakan sasis terbaru serta power train baru, kualitas dan daya tahan truk serta faktor keselamatan dan kenyamanan pengemudi semakin meningkat. Karenanya, New Generation Ranger diklaim lebih tangguh dan produktif.

 

“Konsep pengembangan New Generation Ranger difokuskan ke dalam 2 obyektif. Pencapaian tujuan ini tidak hanya perubahan model yang sudah ada sebelumnya, tetapi memberikan banyak inovasi tinggi dengan proses yang lebih detail,”

 

Konsep pertama adalah menerapkan perubahan radika dan evolusi inovatif. Pengembangan inovasi dan proses produksi, serta ketelitian dalam perakitan, mampu meningkatkan kualitas produk secara menyeluruh. Desain baru memiliki fitur aerodinamis dan tampilan tangguh dan khas. Kemudian struktur rangka diperharui dengan high-tensile steel sehingga lebih kuat dan tahan lama.

 

Kemudian, sederet teknologi canggih yang disisipkan dalam New Generation Ranger. Semi floating cabin suspension diaplikasikan dalam ruang kabin yang lebih luas untuk mengurangi getaran di dalam kabin, demi kenyamanan pengemudi. Full air brake system mampu meningkatkan performa pengereman yang lebih responsif, sehingga meningkatkan faktor keselamatan. Bahkan untuk tipe tractor head, digunakan anti-lock brake system untuk pengereman lebih stabil di permukaan licin.

 

Mesin yang digunakan adalah mesin common rail P11C series, serta J08 series yang tersedia dalam varian common rail atau mechanical. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga besar dengan emisi gas buang rendah dan hemat bahan bakar. Bahkan khusus untuk model Dump FM2P yang menyediakan mining specification, fitur ES start system ditanam guna mencegah kendaraan mundur saat berhenti di tanjakan meski pedal rem dilepas, sementara saat kembali mulai menanjak bisa semakin mulus.

 

Konsep kedua adalah untuk membantu kebutuhan bisnis pelanggan yang beragam. Tak tanggung-tanggung, 37 varian tersedia dalam jajaran HINO500 New Generation Ranger. Ini juga menjadi salah satu strategi untuk menjangkau spektrum pelanggan yang luas, menyiasati masih lesunya sektor pertambangan batu bara yang menjadi pasar potensial.

 

Santiko menyebut harga jual rangkaian produk baru ini ada pada kisaran Rp 500 juta hingga mendekati Rp 1 miliar per unit. Harga tersebut diakuinya hanya berselisih Rp 17-24 juta dibanding model sekelas yang ada saat ini. Tak heran bila New Generation Ranger diharapkan bisa memperkuat pangsa pasar HINO di Indonesia tahun ini, seiring dengan komitmen pemerintah baru untuk proyek-proyek pembangunan infrastruktur.

 

Kenji Nagakubo, Chief Officer of Engineering Hino Motors Ltd, menyatakan bahwa tujuan pengembangan model baru adalah untuk memimpin industri truk di masa depan. Slogan yang diterapkan adalah “Beat FM”, dengan keyakinan untuk menggungguli model FM yang sebelumnya menjadi produk Hino paling laris.

 

“Kami telah berhasil menciptakan truk generasi terbaru dengan ketahanan dan kenyamanan maksimal yang mampu meningkatkan daya angkut tinggi. Kehadiran truk model baru ini sebagai bukti nyata Hino tetap menjadi merk nomor 1,” ujar Nagakubo.

 

Produk-produk Hino dikembangkan dengan juga memperhatikan aspek-aspek keramahan lingkungan. Mesin berteknologi canggih dipadu dengan sistem transmisi handal, menghasilkan kendaraan yang beremisi rendah dan hemat bahan bakar. Bahkan, para ahli Hino juga sedang meriset pemakaian bahan bakar alternatif yang lebih ramah lingkungan, seperti biosolar ataupun bahan bakar gas (BBG / CNG).

 

Di sisi pelayanan, Presiden Direktur Hino Motor Sales Indonesia,Hiroo Kayanoki,menegaskan bahwa Hino selalu memberikan “total support” bagi para pelanggannya. Artinya, dalam melakukan bisnis, Hino selalu melakukan aktifitas yang dapat memaksimalkan profit para pelanggan, dengan masa operasional uptime optimal dan efisiensi biaya operasional kendaran.

 

“Total support merupakan aktifitas yang bertujuan untuk mendapatkan kepercayaan dan keyakinan dari pelanggan. Karena, apabila pelanggan senang maka kesenangan itu akan menjadi kebahagian untuk kita,” pungkas Kayanoki.

Artikulli paraprakMoody’s Investor Turunkan Rating BRAU
Artikulli tjetërJakarta Utara Dipilih untuk Proyek Percontohan Pembangkit Listrik Sampah