Beranda ENERGI Migas Impor Minyak dari Iran Hadapi Kendala

Impor Minyak dari Iran Hadapi Kendala

Ilustrasi ladang minyak. Sumber foto: www.icofc.ir

Teheran, Iran –TAMBANG. Direktur Internasional Perusahaan Minyak Nasional Iran, Mohsen Ghamsari menjelaskan, diskusi penjualan minyak dari Iran ke Indonesia sudah selesai. Tetapi belum ada kesepakatan final yang dicapai.

 

Mohsen mengatakan, ada masalah teknis untuk menjual minyak dari Iran ke Indonesia. Kilang minyak yang ada di Indonesia juga harus dicoba lebih dahulu apakah bisa mengolah minyak mentah dari Iran.

 

Kantor berita Mehr News hari ini memberitakan, karena Iran dewasa ini tengah mendapat sanksi dari Amerika, Indonesia sangat mempertimbangkan hal ini. Karena itu, perjanjian jual beli belum bisa diteken. Jumlah minyak yang mau dijual juga belum ditentukan, tergantung hasil kesepakatan. ‘’Silakan kalau Indonesia mau mengimpor minyak kami. Banyak negara lain yang sudah melakukannya,’’ katanya.

 

Pemerintah Indonesia sudah mengumumkan kesiapannya untuk membeli minyak dari Iran. Kata Mohsen, penjualan minyak ke Indonesia dilakukan untuk menyambut rencana pemerintah Indonesia yang ingin menambah impor minyak, serta meningkatkan hasil olahan kilangnya.

 

Indonesia memang tengah berupaya mengurangi ketergantungan terhadap impor minyak dari negara tertentu. Selama ini impor minyak olahan sebagian besar berasal dari Singapura.

 

Untuk mengurangi ketergantungan terhadap impor minyak, Indonesia tengah berupaya meningkatkan kapasitas kilang minyaknya. Di samping itu, sumber-sumber lain pemasok minyak dijajaki tanpa melewati perantara.

 

Artikulli paraprakSetelah Indonesia Melarang Ekspor, Kini Vietnam Jadi Kekuatan Baru Nikel
Artikulli tjetërKontrak Jepang di Blok Masela Diperpanjang Hingga 2048