Migas

Inilah Kinerja Sektor Migas Di 2017

Inilah Kinerja Sektor Migas Di 2017

Jakarta-TAMBANG. Pemerintah dalam hal ini Kementerian ESDM menyampaikan kinerja sektor minyak dan gas bumi di tahun 2017. Dari paparan yang disampaikan disebutkan bahwa target lifting migas di tahun 2017 tidak tercapai. Lifting migas di tahun 2017 sebesar  1.944 ribu BOEPD. Angka ini setara dengan 98,9% dari  target APBN-P 2017 sebesar 1.965 ribu BOEPD.

 

Ini tentu menjadi salah satu pekerjaan rumah Kementerian ESDM yakni  meningkatkan lifting. Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk  meningkatkan lifting migas.

 

Hal pertama tentu saja dengan mendorong percepatan kegiatan eksplorasi dan penyelesaian proyek pengembangan lapangan. Kemudian melakukan pemeliharaan untuk meningkatkan kehandalan fasilitas produksi dan meminimalkan unplanned shutdown. Pemerintah juga perlu mendorong KKKS untuk menambah investasi dalam kegiatan eksploitasi seperti pemboran dan workover.

 

Hal lain yang dapat dilakukan dengan optimalisasi stok minyak untuk di-lifting dan tentu saja mempercepat penyelesaian masalah non-teknis mulai dari perizinan, pembebasan lahan dan kendala non teknis lainnya.

 

Sementara kontribusi sektor migas pada pendapatan negara terbilang tinggi. Penerimaan sektor migas di tahun 2017 menyentuk angka Rp. 138 Triliun. Angka ini sama dengan 117% dari  target APBNP 2017 sebesar Rp 118,4 triliun. Sementara di tahun 2016 realisasi penerimaan negara sebesar Rp.83,8 triliun.

 

Sumber penerimaan negara yang demikian besar itu disupport oleh PNBP SDA sebesar Rp. 82,5 triliun, kemudian  PNBP lainnya sebesar Rp. 6,05 triliun dan PPh sebesar Rp. 49,4 Triliun.


Note: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Komentar tidak boleh mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, fitnah, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Redaksi berhak menyunting komentar yang dikirim, tanpa mengubah makna.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close