Beranda ENERGI Kelistrikan IPP Berkesempatan Ditunjuk Langsung untuk Proyek 35 GW

IPP Berkesempatan Ditunjuk Langsung untuk Proyek 35 GW

Jakarta – TAMBANG. Produsen listrik swasta atau Independent Power Producers (IPP) akan berkesempatan untuk ditunjuk langsung oleh pemerintah guna mempercepat proyek pembangkit listrik 35 Giga Watt (GW). Untuk itu, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengundang langsung para produsen itu.

 

“Kepada mereka kita jelaskan bahwa program ini akan memberikan kesempatan besar kepada IPP atau perusahaan pembangkit listrik swasta untuk bersama-sama PLN membangun 35.000 Mega Watt plus transmisi,” katanya, di sela acara sosialisasi terkait hal itu di kantor Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Selasa (20/1/2015).

 

Namun ada beberapa syarat yang akan ditinjau oleh pemerintah sebelum penunjukkan. Perusahaan harus punya kemampuan finansial dan teknis, serta berpotensi untuk ditunjuk langsung. Sudirman memproyeksi, sepertiga dari 35.000 MW itu sudah bisa terserap semua dari proses ini.

 

Proses tersebut diatur dalam Peraturan Menteri ESDM No 3/2015 mengenai pengadaan lisrik sebesar 35.000 MW dalam 5 tahun ke depan. Dalam kesempatan sosialisasi ini, Sudirman bersama jajarannya juga sekaligus  mendengarkan masukan dari pihak pengusaha. Sehingga, pemerintah bisa mendapatkan gambaran komitmen yang bisa diberikan pihak IPP.

 

Sudirman mengatakan, peran IPP dalam penyediaan listrik saat ini semakin besar. Dalam rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) membangun 35.000 MW pembangkit listrik dalam 5 tahun ke depan, hanya 10.000 MW yang akan dibangun oleh PT PLN (Persero). Sisanya diharapkan dari kontribusi IPP.

 

Artikulli paraprakPLN Butuh Investasi Rp1 Triliun Untuk 47 Daerah Perbatasan
Artikulli tjetërPenunjukan Langsung IPP Bisa Menghemat Waktu