Beranda Tambang Today Jago Bikin UMKM Go International, Pertamina Diganjar Penghargaan

Jago Bikin UMKM Go International, Pertamina Diganjar Penghargaan

PT Pertamina (Persero) berhasil mendapatkan penghargaan pada ajang Gatra Innovations Awards tahun 2021. Penghargaan ini diberikan atas capaian Pertamina melalui Program Kemitraan dalam usaha mikro dan kecil menengah (UMKM) binaannya menjadi usaha yang berorientasi pada ekspor alias go international.

Acara webinar penghargaan ini diselenggarakan oleh Gatra Media Group dengan tema “Inovasi Nyata Membangkitkan Asa Masyarakat”. Pertamina penghargaan penghargaan pada kategori “Inovasi Pembinaan UMKM Menciptakan Produk Berorientasi Ekspor dalam program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan BUMN”.

Inovasi yang telah dijalankan Program Kemitraan telah mendapatkan hasil atau hasil pada tahun 2020 berupa mitra binaan bisa mendapatkan sertfikat atau izin usaha seperti BPOM, Halal, dan lainnya sejumlah 621 MB. Kemudian UMK naik kelas sejumlah 795 MB, 254 UMK mengalami peningkatan omzet, dan 61 MB menjadi UMK Go Global melalui program UMK Academy.

Pjs Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan, beberapa program unggulan UMK naik kelas yang dimiliki Program Partnership menjadikan Pertamina layak mendapatkan penghargaan ini. “Pertamina SMEXPO 2020 dan UMK Academy, merupakan kegiatan pembinaan UMK yang berorientasi pada ekspor,” tuturnya.

Secara lebih rinci, Fajriyah menjelaskan, pada kegiatan Pertamina SMEXPO 2020 lalu, terdapat sesi Forum Bisnis di mana hal itu cukup mendominasi transaksi pada kegiatan tersebut. Pertamina bekerja sama dengan Indonesia Diaspora SME-SMI Export Empowerment & Development (ID-SEED), yakni organisasi Diaspora Indonesia di berbagai negara untuk mendampingi UMK agar dapat memasarkan produknya di pasar Global.

Selanjutnya, untuk kegiatan UMK Academy juga terdapat pembagian kelas khusus bagi UMK binaan yang sudah atau siap untuk mengekspor produknya, yakni dalam kelas Go Global. Dalam program tersebut, para mitra binaan diberi pembekalan terkait alur ekspor produk dan apa saja yang harus dipersiapkan.

Perwakilan Pertamina yang menerima penghargaan tersebut sekaligus menjadi salah satu pemateri webinar yakni VP CSR & SMEPP Management Pertamina, Arya Dwi Paramita. Bersama dua pemateri lain yakni Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Laksana Tri Handoko dan Rektor UGM Panut Mulyono. Arya menyampaikan materi tantang beberapa program unggulan UMK naik kelas.

Selain itu, Arya juga menyampaikan skema pembinaan yang diberikan Pertamina pada mitra binaannya. Pengawasan dari pendampingan dan pembinaan, kemudian dikurasi oleh Pertamina bersama Kadin untuk bisa masuk ke dalam katalog dan pemeringkatan Pertamina SME 1000, mengikuti UMK Academy.

Melalui penghargaan ini, lanjut Arya, Pertamina akan termotivasi untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi pembinaan UMK karena Pertamina senantiasa mendukung SDGs (Sustainable Development Goals) melalui implementasi program-program berbasis ESG (Environmental, Social, and Governance) di seluruh wilayah operasionalnya. Hal ini merupakan bagian dari tanggung jawab lingkungan dan sosial, demi mewujudkan manfaat ekonomi di masyarakat.

Artikulli paraprakPetrosea Tebar Dividen Sebesar USD 8 Juta
Artikulli tjetërBidik Olah Karbon Jadi Bahan Bakar, Pemerintah Kembangkan Teknologi CCUS