Umum

SMEN 2016: Jangan Takut Hadapi Persaingan

SMEN 2016: Jangan Takut Hadapi Persaingan

Banda Aceh – TAMBANG. Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh menggagas kegiatan yang bertujuan di antaranya dapat menunjang kemampuan mahasiswa untuk mengimplementasikan ilmu pertambangan ke dalam bentuk kegiatan yang nyata. Kegiatan yang dinamakan Syiah Kuala Mining Engineering Competition (SMEN) 2016 direncanakan pembukaannya dilaksanakan pada hari Jumat, 29 April 2016.

Dengan berlokasi di Balee Keurukon, Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, SMEN 2016 akan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Aceh.

SMEN 2016 merupakan acara positif dari Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan ini dimana bentuk kegiatannya dengan melakukan simulasi pekerjaan tambang atau praktikum tambang skala kecil dalam bentuk permainan yang diperlombakan.

Salah satu acara penunjang yang sangat dinantikan dari para mahasiswa adalah kehadiran Perusahaan PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. Yang kemudian turut andil serta sebagai sponsor untuk mengadakan kuliah tamu. Bukti keseriusan PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. dituangkan dengan memberikan salah satu pokok pembahasan kuliah tamu, dengan tema menyangkut bekal kepada para mahasiswa yaitu ”Jangan Takut Hadapi Persaingan”.

Sebagai perwakilan dari Semen Indonesia, Sigit Wahono. ST.,MM. selaku Kepala Biro Komunikasi Perusahaan akan secara menyampaikan kuliah tamu pada saat pembukaan SMEN 2016.

Poin utama dari pembahasan kuliah tamu adalah masalah perubahan dan perkembangan zaman, dimana adanya perubahan besar yang akan mendorong untuk akhirnya harus positioning. Kekhawatiran, optimisme, dan semangat untuk memenangkan persaingan. Lingkungan bisnis global yang sedang berubah, mau tidak mau, kita semua harus terlibat dalam perkembangannya.

Pada kesempatan tersebut, Semen Indonesia akan menyampaikan pula visi dan misinya dengan mempertahankan market. Berlakunya MEA adalah periode survival, dimana yang tidak kuat bersaing bakal tenggelam dengan segera.

Mengemban misi bukan perkara gampang, mengingat para kompetitor pasti tidak tinggal diam, semuanya berpikir keras untuk mendongkrak performa masing-masing, perlunya perjuangan dari segenap karyawan untuk mewujudkan target korporasi tersebut dengan mengantisipasi sejak awal, terutama soal penguatan personal values and organizational values. Muaranya adalah mencapai kinerja unggul.

Semen Indonesia mengajak mahasiswa untuk siap bertarung, baik sprint (jangka pendek) maupun marathon (jangka panjang). Modal utamanya adalah semua competitive advantage, mulai dari sisi produksi, pemasaran, jaringan distribusi, dan lainnya.


Close
Close