Kilang Balikpapan Terbakar, Pertamina: Tidak Ada Korban Jiwa

Kilang Balikpapan Terbakar, Pertamina: Tidak Ada Korban Jiwa

Jakarta, TAMBANG – Kebakaran terjadi di salah satu titik area Kilang RU V Balikpapan, Kamis (15/8). Percikan api diduga muncul sekitar pukul 9.30 WITA dan telah berhasil dipadamkan pada pukul 12.15 WITA.

 

 

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fajriyah Usman mengungkapan, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

 

 

Saat ini, pihak Pertamina masih mencari tahu kronologi dan penyebab terjadinya kebakaran. Pertamina membentuk tim untuk melakukan investigasi.

 

 

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini dan sudah ditangani oleh Refinery Unit V Balikpapan, operasi di kilang juga (tetap) berjalan (normal),” kata Fajriyah di Kantor Pertamina, Kamis (15/8).

 

 

Mengenai estimasi kerugian, Fajriyah belum dapat menyebutkan. Ia mengungkapkan belum dapat memberikan keterangan lebih lanjut.

 

 

Di kesempatan yang sama, Manager Region Communication Relation dan CSR Kalimantan, Heppy Wulansari menuturkan, saat munculnya api, petugas mengupayakan pemadaman dengan menggunakan media busa atau foam dan air. Sebanyak empat unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan bersamaan dengan satu unit trailer foam.

 

 

“Dalam waktu yang tidak terlalu lama api dapat dipadamkan,” ujar Heppy.

 

 

Menurutnya, penanggulangan pasca kejadian masih terus dilakukan oleh tim Pertamina. Saat ini, kilang tetap beroperasi. Tim Pertamina juga sudah mengunjungi pemukiman masyarakat yang berada di sekitar kilang untuk memastikan keadaan aman.

 

 

“Kami juga sudah bagikan masker ke warga sekitar dan stand by tim medis apabila dibutuhkan,” lanjut Heppy.


Close
Close