Beranda CSR Kilang Pertamina Internasional Borong Delapan Penghargaan Di Ajang E2S Proving League 2021

Kilang Pertamina Internasional Borong Delapan Penghargaan Di Ajang E2S Proving League 2021

Jakarta,TAMBANG,-Subholding Refining and Petrochemical Pertamina, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) sukses menggondol penghargaan terbanyak pada ajang Proving League 2021; Kesaksian Local Hero dalam Memperluas Manfaat CSR BUMN. Kegiatan ini diselenggarakan Energy and Mining Editor Society (E2S) secara virtual pada Sabtu, 9 Oktober 2021. Dari 12 kategori, Grup KPI memborong delapan penghargaan.

Delapan penghargaan bagi Grup KPI diperoleh untuk kategori The Best of Novelty Program untuk KPI RU IV Cilacap dengan Program E-Mas  Bayu dan E-Mbak Mina. Kemudian The Best of Local Hero Achievement oleh Ibu Rumdani, local hero KPI RU IV Cilacap Program Ibu Siaga Covid-19. Lalu The Best of CSR Manager Performance oleh KPI Unit III Plaju melalui Program Mari Berkreasi. Dan The Best of Environment Program oleh KPI Unit II Sei Pakning, Bengkalis melalui Program Pemberdayaan Masyarakat Pesisir.

Grup KPI juga memperoleh penghargaan untuk kategori The Best of CSV Program melalui KPI III Plaju Program Kampunng Pangan Inovatif; The Best of Disaster Response Program melalui KPU Unit II Sei Pakning, Bengkalis dengan Program Kampung Gambut Berdirikari, dan The Best of Content and Transparent Program for Indigeneous People melalui KPI Unit VII Kassim melalui Program Klay Project. Selain itu, KPI juga dinobatkan sebagai Best of The Best melalui KPI Unit IV CIlacap Program Ibu Siaga Covid-19.

“Empat penghargaan lain diberikan kepada PT Pertamina Hulu Mahakam dengan Program Petani 4.0 untuk kategori Best of Social Innovation ProgramThe Best of Education  Program untuk PT Pertamina Geothermal Energy Area Kamojang melalui Program Wani Robah, Wanita Mandiri PKBM Annur Ibun, The Best of Sustainability Program untuk PT Pertamina Patra Niaga Tanjungwangi Program Pelita. Lalu The Best of CSR Program untuk PGE Area Ulu Belu Program Ngopi Doeloe,”  terang Risna Resnawaty, Ketua Dewan  Juri E2S Proving League 2021 saat mengumumkan pemenang lomba Proving League 2021 pada Sabtu, (9/10) sore.

Risna menjelaskan program CSR perusahaan yang diunggulkan oleh peserta benar-benar beyond expectation. Sebagian besar program merupakan inovasi  yang memperkenalkan teknologi baru, pengetahuan baru, dan keterampilan baru yang bermanfaat bagi masyarakat. “Hebatnya hal baru ini diterapkan dengan cara serta strategi yang sesuai dengan karakter atau budaya setempat,” terang Ketua Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP Universitas Padjadjaran.

Risna menjelaskan, local hero yang menjadi peserta dalam E2S Proving League 2021 berhasil mempresentasikan program CSR dengan baik tanpa keraguan dan memahami proses program dengan jelas. Hal ini merupakan berita  baik bagi wajah CSR Indonesia karena mengindikasikan bahwa program CSR telah berhasil membangun kemandirian dan inisiatif dari masyarakat menjadi lebih mandiri dan berdaya.

Menurut dia, jika perusahaan melakukan CSR dengan penuh kesungguhan serta komitmen yang kuat, hal ini  pasti berdampak signifikan pada pencapaian SDGs bangsa Indonesia. Apalagi local hero yang tampil pada E2S Proving League 2021 tampil secara nature dan sudah memiliki jiwa ‘hero’. “(Local hero) secara nurture berjodoh dengan visi misi perusahaan lewat pelaksanaan CSR, pendampingan, dialog, pelatihan, maka hasilnya program-program yang dilakukan menjadi dahsyat dan keren, terasa manfaatnya bagi masyarakat,” ungkapnya.

Lili Hermawan, Ketua Panitia E2S Proving League 2021,  menjelaskan Proving League diselenggarakan sebagai bentuk komtmen E2S dalam mendukung penyebaran informasi  tentang pencapaian PROPER dan mendukung formulasi pengetahuan dalam manajemen pengelolaan lingkungan. Kegiatan ini juga turut mengampanyekan kinerja industri dan  kontribusi serta kemajuan dunia usaha  indonesia untuk menjawab isu-isu global yang  terkait dengan pengelolaan lingkungan.

“Proving League ini juga untuk mendukung sosialisasi pelaksanaan PROPER 2021 dan sebagai ajang untuk  mempersiapkan diri bagi perusahaan  untuk menghadapi penilaian PROPER,” terang Lili.

Peserta Proving League 2021 adalah perusahaan yang memperoleh Predikat Emas pada PROPER 2020 atau minimal Kandidat Emas pada ajang yang sama tahun lalu. “Kami berharap tahun depan akan banyak lagi perusahaan atau peserta yang ikut tampil E2S Proving League,” ujar Lili. Peserta Proving League 2021 adalah manajer CSR dan local hero mitra binaan perusahaan, memprespentasikan program  CSR perusahaan dan manfaat yang dirasakan mitra binaan dari keberadaan program tersebut. 

Para peserta diberi waktu 30 menit untuk memaparkan program dan manfaat program CSR perusahaan. Setelah itu itu, dewan juri yang terdiri atas Dr Risna Resnawaty (pakar CSR), Dr Komaidi Notonegoro (pakar migas dan ekonom),  dan Dudi Rahman (pakar media dan publikasi serta chairman E2S) mengajukan pertanyaan kepada peserta.

Artikulli paraprakPertamina Shiping Ambilalih Saham Milik Pertamina di PT Peteka Karya Tirta
Artikulli tjetërPemerintah Berencana Bangun Pembangkit Nuklir Tahun 2045

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini