Beranda Home Slide Pertamina-Pemkot Palu Bangun Infrastruktur Energi Di KEK Palu

Pertamina-Pemkot Palu Bangun Infrastruktur Energi Di KEK Palu

Jakarta-TAMBANG. PT Pertamina (Persero) dan Pemerintah Kota Palu telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk pengembangan infrastruktur gas, ketenagalistrikan dan energi baru terbarukan di Kawasan Ekonomi Khusus Palu.

 

Direktur Gas, Energi Baru dan Terbarukan Pertamina Yenni Andayani mengatakan KEK Palu memiliki potensi yang luar biasa, dengan lokasi strategis yang dilalui alur pelayaran Internasional. KEK ini memiliki infrastruktur penunjang seperti pelabuhan yang berpotensi besar untuk menjadi basis pengembangan aneka industri dari sumber daya Pertanian, Perkebunan dan Pertambangan. Saat ini, KEK Palu masih belum mendapat pasokan energi yang cukup untuk mengoptimalkan pengembangan kawasan tersebut.

 

Pertamina kata Yenni sangat senang berkesempatan menjalin kerja sama baru dengan Pemerintah Kota Palu untuk bersinergi dalam mengembangkan infrastruktur gas ketenagalistrikan dan energi baru terbarukan di KEK Palu. Pertamina telah memiliki pengalaman kuat dalam upaya menjamin ketersediaan pasokan energi.

 

“Kerjasama ini membuka ruang bagi kami untuk secara langsung berkontribusi bagi pengembangan KEK Palu menjadi pusat pengembangan aneka industri yang dapat menyerap investasi sehingga perekonomian, khususnya di Palu dapat tumbuh dan berkembang lebih cepat,” terang Yenni.

 

Lewat kerjasama ini, kedua belah pihak akan melakukan penyiapan infrastruktur yang dibutuhkan untuk pemenuhan energi bagi KEK Palu, terutama berbasis energi bersih, yaitu gas & energi baru terbarukan. Ini juga sesuai dengan prinsip keekonomian dan Good Corporate Governence (GCG). Pada tahap awal, Pertamina dan Pemerintah Kota Palu akan melakukan identifikasi kebutuhan gas, ketenagalistrikan dan energi baru terbarukan di KEK Palu.

 

Nota kesepahaman ditandatangani oleh Direktur Gas, Energi Baru dan Terbarukan Pertamina Yenni Andayani, Ketua DPRD Palu M. Ikbal Andi Magga, dan Wakil Walikota Palu Mulhanan Tobolotutu di Jakarta. Kerjasama ini merupakan permulaan dari langkah strategis pengembangan perekonomian dan industri baru di Kawasan Ekonomi Khusus Palu.