Beranda Korporasi Komitmen Implementasikan ESG, ABM Grup Sabet Penghargaan dari Tiga Instansi Bergengsi

Komitmen Implementasikan ESG, ABM Grup Sabet Penghargaan dari Tiga Instansi Bergengsi

ABM Penghargaan ESG
Sambutan ABM Grup dalam inagurasi Stevie Award 2024. Dok: Istimewa.

Jakarta, TAMBANG – ABM Grup berhasil menyabet penghargaan kategori Environmental, Social and Governance (ESG) dari tiga lembaga bergengsi nasional dan internasional.

Di ranah global, ABM Grup sukses menyabet penghargaan di Stevie Award untuk kategori Technology & Improvement Business. Sedangkan di ranah nasional, ABM Grup mendapat dua penghargaan sekaligus, yakni dari Investor Trust bersama PT Bumi Global Karbon (BGK) untuk kategori Pengurangan Emisi Award, serta Indonesia Regulatory Compliance Awards (IRCA) 2024 yang diinisiasi Hukum Online untuk kategori Governance Award.

Direktur Utama PT ABM Investama Tbk (ABMM), Achmad Ananda Djajanegara menyebut penghargaan ini tak lepas dari peran perusahaan yang secara konsisten mengimplementasikan ESG. Bagi ABMM, imbuh dia, keberlanjutan menjadi kunci keberhasilan perusahaan di masa mendatang.

“Kinerja yang diraih oleh ABM Grup tak lepas dari peran karyawan kami dan juga seluruh pihak terkait. Pada dasarnya, ABM Grup meyakini keberlanjutan menjadi kunci dari masa depan. Keberlanjutan ABM Grup didasari pada pertumbuhan ekonomi, menjaga lingkungan, dan senantiasa berkontribusi pada masyarakat. Semoga ini dapat menginspirasi banyak pihak,” ujar dia.

ABM Grup juga turut berkontribusi sekaligus mendukung pemerintah dalam menyongsong Indonesia nol emisi alias NZE. Hal ini dibuktikan dari langkah perusahaan yang berhasil membangun Pembangkit Listrik Tenaga Biogas di Kalimantan Selatan sejak 2021.

Menurut dia, inagurasi ini sebagai ajang apresiasi untuk perusahaan yang berhasil menjalankan kepatuhan hukum. Adapun penilaian yang diterapkan yakni berdasarkan laporan, narasi, juga dokumen bukti kelengkapan dari perusahaan.

“Nantinya, penilaian tersebut dipertimbangkan melalui strategi perusahaan dalam menjaga dan meningkatkan kepatuhan hukum, performa pengelolaan organisasi, serta upaya kontrol kepatuhan hukum,” ucap pria yang akrab dipanggil Andi ini.

Penghargaan yang diboyong ABM Grup terbagi menjadi tiga kategori. Pertama, ABM Grup masuk ke nominasi bergengsi Stevie Award yang merupakan penghargaan bisnis tertinggi di dunia. PT ABM Investama Tbk (ABMM) bersama kedua anak usahanya, yakni PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dan PT Cipta Kridatama (CK) menyabet penghargaan dalam kategori Technology & Improvement Business. Award yang berajang internasional ini bertujuan untuk mengetahui sekaligus mengukur kinerja perusahaan dunia.

Division Head of Corporate Communication & CSR PT ABM Investama Tbk (ABMM), Emilia Katrina Sitompul menerima penghargaan Gold Plus dari Investor Trust bersama PT Bumi Global Karbon.

Improvement business yang diterapkan oleh ABM Grup bertujuan untuk meningkatkan kinerja grup dan juga kualitas produk. Melalui penghargaan ini, kami merasa terhormat karena dipercaya telah berhasil dalam mengembangkan bisnis dan karyawan kami secara unggul dan berkompeten,” ujar Andi.

Kedua, ABM Grup mendapat predikat Gold Plus untuk kategori Pengurangan Emisi Award dalam inagurasi yang diadakan oleh Investor Trust bersama PT Bumi Global Karbon BGK. Kegiatan ini menggunakan penilaian yang mengacu pada Sustainability Reporting (SR) dan ABM Grup telah berpartisipasi tiga kali berturut-turut.

Sekadar informasi, kegiatan yang diinisiasi oleh Investor Trust bersama BGK sebagai wadah untuk memberi apresiasi kepada perusahaan yang berkomitmen mengimplementasikan transparansi dan upaya penurunan emisi. Ke depan, diharapkan penghargaan ini bisa memberi inspirasi kepada perusahaan lain agar bersama-sama menurunkan emisi karbon.

Senada, Direktur ABMM Haris Mustarto menambahkan, pengembangan bisnis berkelanjutan di lingkup ABM Grup menjadi kunci dari masa depan. Keberlanjutan di ABM Grup berlandaskan pada pertumbuhan ekonomi, menjaga lingkungan, dan senantiasa berkontribusi pada masyarakat.

“Bagi kami, keberlanjutan tidak hanya menjadi tujuan, tetapi juga bagian integral dari cara kami menjalankan bisnis. ABM Grup telah membangun strategi yang memungkinkan kami untuk memperluas portofolio dan memanfaatkan pengetahuan juga pengalamannya dalam bidang energi agar unggul dalam ranah investasi yang lebih luas,” jelas Haris.

Masih di ranah nasional, ABM Grup turut dianugerahi award tertinggi “Sapphire” untuk kategori Governance Award. Penghargaan ini diraih ABM Grup lantaran berhasil mengimplementasikan tata kelola di ranah bisnisnya.

“Sebagai contoh, ABM Grup terus menerapkan tata kelola yang baik dan manajemen risiko, berkomitmen untuk transparansi, integritas dan anti korupsi,” ungkapnya.

Berkat upayanya dalam mendisiplinkan perusahaan, ABM Grup meraih predikat leadership AAA dalam ESG Disclosure Transparency Award 2023. Predikat tersebut disabet ABM Grup lantaran perusahaan konsisten mengimplementasikan Good Corporate Governance (GCG) melalui laporan keberlanjutan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini