Beranda ENERGI Migas Konsisten Dukung NSOP, Elnusa Raih Apresiasi dari PHI

Konsisten Dukung NSOP, Elnusa Raih Apresiasi dari PHI

Elnusa Samudera 8 (ELSA-8), diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Uncang, Batam, menuju Delta Mahakam, Kalimantan Timur. Foto: Dok. Elnusa

Jakarta, TAMBANG – PT Elnusa Tbk (Elnusa) raih penghargaan dari Pertamina Hulu Indonesia (PHI) sebagai perusahaan yang konsisten dalam mendukung pembangunan New Semberah Oil Plant (NSOP) di Field Sangatta. Apresiasi ini diberikan saat acara peresmian fasilitas NSOP, Rabu (29/9).

Terkait hal ini, Direktur Utama PHI, Chalid Said Salim menyampaikan, pengoperasian fasilitas pengumpul tersebut merupakan wujud hasil usaha semua pihak terutama Elnusa yang berkolaborasi untuk memberi manfaat kepada perusahaan, untuk itu patut diapresiasi.

“Pelaksanaan Golden rules dan aspek health, safety, security, and environment (HSSE) yang sudah berjalan dengan baik selama pembangunan, dapat ditingkatkan untuk terus bekerja dengan aman dalam pengoperasiannya,” kata Chalid.

NSOP saat ini dikelola PHI Regional 3 Zona 9. Peran Elnusa sendiri pada proyek ini adalah sebagai main contractor pembangunan Oil Plant, meliputi scope Engineering, Procurement dan Construction. Pekerjaan tersebut baik menyangkut fasilitas utama maupun seluruh infrastruktur pendukung seperti mekanikal, piping, elektrikal dan instrumen, commissioning, sampai dengan start-up.

Direktur Operasi sekaligus Direktur Pengembangan Usaha PT Elnusa, Rony Hartanto menyebutkan, penyelesaian project pembangunan fasilitas Oil Plant ini merupakan bukti kompetensi dan kapabilitas Elnusa dalam mendukung kegiatan hulu migas, khususnya di Pertamina. Lebih lanjut, Rony mengatakan bahwa hal ini juga merupakan wujud kolaborasi dan sinergi antar anak perusahaan di lingkungan Pertamina Group.

“Proyek ini merupakan pembuktian Elnusa dalam mendukung kegiatan hulu migas dan produksi energi nasional. Semoga sinergi ini dapat terus berjalan untuk mendukung program nasional produksi migas 1 juta bopd tahun 2030,” kata Rony.

Dengan adanya fasilitas NSOP, minyak hasil produksi dapat langsung dialirkan (flowline) ke Semberah Plant 14 Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS). Fasilitas baru ini akan menggantikan metode pengiriman minyak yang menggunakan truk tangki (road tank).

Sebagai informasi, pembangunan NSOP dimulai sejak Mei 2020 hingga September 2021. Projek ini sukses dilakukan lantaran berhasil menghindari angka kecelakaan kerja atau zero accident dengan mencatatkan 302.397 total jam kerja selamat.

Artikulli paraprakPermintaan Tiongkok Meningkat, HBA Tembus USD 161,63 per Ton
Artikulli tjetërKementerian ESDM Segel Tambang Di Bolaang Mongondow Selepas Konflik Pecah