Beranda ENERGI Migas Konsisten Produksi Migas, Pertamina Raih Penghargaan Gatra Apresiasi Energi 2021

Konsisten Produksi Migas, Pertamina Raih Penghargaan Gatra Apresiasi Energi 2021

Jakarta, TAMBANG – Pertamina (persero) menerima penghargaan Gatra Apresiasi Energi 2021 dalam kategori perusahaan yang resilien dan konsisten dalam produksi migas selama pandemi. Apresiasi ini diberikan berbarengan dengan acara webinar Gatra Media Group yang mengusung tajuk “Kemandirian Kebutuhan Energi Sebagai Kunci Keberhasilan Kebangkitan Perekonomian Nasional” Kamis (30/9).

Vice President Pertamina Energy Institute, Hery Haerudin mengatakan selama ini Pertamina berupaya menstabilkan ketersediaan migas agar tidak terjadi kelangkaan di masyarakat. Pertamina juga, kata Hery, tengah mendukung usaha pemerintah dalam percepatan transisi energi baru terbarukan (EBT).  

“Pertamina akan terus konsisten melakukan produksi energi eksisting yaitu migas, menjalankan amanah penyediaan energi untuk masyarakat dan mempersiapkan upaya-upaya transisi energi melalui 8 inisiatif strategi pertamina,” katanya.

Adapun 8 inisiatif strategis pertamina tersebut antara lain: Pertama, memanfaatkan potensi kelapa sawit yang besar untuk berinvestasi dalam Proyek Green Refinery di Plaju, Dumai dan Cilacap. Kedua, mengembangkan proyek biomass menjadi biogas dan bioethanol di Sei Mangkei. Ketiga, mempelopori pemanfaatan energi panas bumi di Indonesia dengan kapasitas total 1,8 Giga Watt (GW). Keempat, pemanfaatan green hydrogen dengan listrik di area geothermal yang total potensinya mencapai 8.600 KG per hari.

Kelima, berkolaborasi dengan BUMN lain yaitu Inalum, Antam dan juga PLN untuk melakukan pengembangan ekosistem dari EV Baterai dalam IBH. Keenam, Pertamina mengoptimalkan pemanfaatan gas untuk kebutuhan transportasi, rumah tangga, dan industri di seluruh Indonesia. 

Ketujuh, untuk pembangkit listrik, Pertamina meningkatkan pemanfaatan energi baru terbarukan melalui solar power plant di berbagai area operasi. Kedelapan untuk pendekatan inklusif Circular Carbon Economy, Pertamina akan mengaplikasikan Carbon, Capture, Use and Storage atau CCUS pada beberapa lapangan migas untuk meningkatkan produksi.

Atas penghargaan ini, Hary mengucapkan terima kasih kepada gatra media group dan para pemangku kepentingan terkait. Hery juga berharap dengan adanya penghargaan ini, kedepannya pertamina bisa meningkatkan mutu pelayanannya ke masyarakat.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan, semoga pertamina bisa terus menjadi perusahaan yang dapat diandalkan oleh masyarakat Indonesia,” pungkasnya.

Artikulli paraprakGembleng Mahasiswa Tambang Melek Teknologi, Micromine Dirikan Academic License Scheme
Artikulli tjetërTINS Raih Penghargaan Dari Kementerian ESDM