Beranda CSR KPC dan Arutmin Raih Penghargaan Gold-Silver Program CSR dan PDB Awards 2022

KPC dan Arutmin Raih Penghargaan Gold-Silver Program CSR dan PDB Awards 2022

Jakarta, TAMBANG –  Anak usaha PT Bumi Resources Tbk (BUMI), PT Kaltim Prima Coal ( KPC) dan PT Arutmin Indonesia (Arutmin) dapat penghargaan gold dan silver di bidang CSR dan PDB (Pembangunan Desa Berkelanjutan) Awards 2022 dari Kementerian Desa pada Sabtu (23/6).

Penghargaan emas diberikan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin, pertama kepada Chief Executive Officer (CEO) KPC, Ashok Mitra untuk program Penyediaan Air Bersih  ‘SPAMDES Mengucur Deras’.

Penghargaan emas kedua diberikan kepada General Manager Operations Arutmin, Umar Hadi untuk program Penggerak Ekonomi dan Penyerapan Tenaga Kerja Lokal  melalui program ‘Pembinaan BUM Desa Usaha Berkah Mulia di Desa Bukit Mulia’.

Sedangkan penghargaan kategori Silver diserahkan oleh Menteri Desa, Abdul Halim Iskandar yang diterima oleh perwakilan KPC dan Arutmin.

Silver pertama diterima Manager Project Management and Evaluation KPC, Louise G Pessirerron untuk program Pengelolaan Sampah  ‘Dari Sampah ke Sawah’ di Bengalon.

Silver kedua diterima Manager Site Kintap, Lutfi Qolbirokhim untuk program Pengembangan Wisata Mangrove melalui ‘Pembinaan BUM Desa Maritim Jaya Desa Pulau Burung’.

“Keberadaan BUM Desa diharapkan mampu mengoptimalkan potensi lokal melalui bidang usahanya sehingga akan memberikan manfaat bagi masyarakat desa dengan melibatkan tokoh penggerak desa,” ungkap Wapres Ma’ruf dalam keterangan resmi.

Menurutnya, kolaborasi BUM Desa bersama dengan BUMN maupun swasta dapat mendorong upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat desa. Ini dapat memujudkan struktur perekonomian nasional yang kokoh, berkembang dan berkeadilan”

Sementara, Presiden Direktur BUMI, Adika Nuraga Bakrie menyampaikan bahwa penghargaan ini merupakan bukti bahwa grup BUMI selalu berupaya mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap usaha pertambangan dengan mengembangkan potensi sumber daya lokal sekaligus penyerapan tenaga lokal dengan tujuan jangka panjang menuju kemandirian ekonomi yang berkelanjutan.

Sehingga pada saat kegiatan pertambangan sudah berakhir, maka masyarakat bisa terus maju dan berkembang dalam mencapai kesejahteraannya.

“Terima kasih kepada Wakil Presiden Republik Indonesia, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi atas penghargaan CSR dan PDB Awards tahun 2022 yang dianugerahkan kepada KPC dan Arutmin. Pencapaian ini sejalan dengan tujuan strategis Perseroan untuk terus menjaga kinerja usaha, dan tumbuh berkelanjutan di tengah tantangan berat akibat pandemi Covid-19” ungkap Andika.

Artikulli paraprakDigandeng HSM, PPA Bakal Kelola Tambang Nikel di Halmahera Tengah
Artikulli tjetërANTAM Dapat Dua Penghargaan CSR & PDB Awards 2022