Beranda Korporasi Lakukan Percepatan, Teknologi Bahan Peledak DAHANA Beraksi di Proyek Tol Sigli –...

Lakukan Percepatan, Teknologi Bahan Peledak DAHANA Beraksi di Proyek Tol Sigli – Aceh

TAMBANG, Sigli Aceh – Perusahaan kiblat bahan peledak Indonesia, PT DAHANA, kembali mendapat kepercayaan untuk mengerjakan proyek percepatan pembangunan jalan tol. DAHANA melakukan first blasting atau peledakan perdana pada proyek Pembangunan Jalan Tol Ruas Sigli – Banda Aceh STA 15 pada 26 Agustus 2022, di Desa Lamtamot, Aceh.

General Manager Divisi Kuari dan Konstruksi DAHANA, Setio Budhianto menuturkan, pada proyek Pembangunan Jalan Tol Ruas Sigli – Banda Aceh, DAHANA memberikan layanan Total Explosives Solution, dari mulai pembangunan gudang, pengurusan perizinan, pengeboran lubang tembak hingga peledakan.

“Dengan segudang pengalaman dari SDM DAHANA, serta alat peralatan yang kami miliki, kami optimis dapat menjalankan tugas dengan baik dan tepat waktu. Semoga dengan adanya pembangunan jalan tol ini, dapat membawa berkah dan meningkatkan perekonomian masyarakat Aceh,” ujar Setio disela-sela kunjungannya ke Sigli pada 9 September 2022.

Melalui Peraturan Presiden Nomor 117 Tahun 2015, Pemerintah Indonesia menugaskan PT Hutama Karya (Persero) untuk membangun  dan mengembang Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang menghubungkan Pelabuhan Bakauheni Provinsi Lampung hingga Banda Aceh melalui 24 ruas jalan, dimana salah satunya adalah ruas Sigli -Banda Aceh.

PT Hutama Karya (Persero) menargetkan seluruh Ruas Tol Sigli – Banda Aceh yang memiliki panjang 74,1 kilometer dapat dinikmati masyarakat Aceh tahun 2023. Ruas tol ini terdiri dari 6 seksi yakni seksi 1 sepanjang 24,3 kilometer yang membentang dari Padang Tiki hingga Seulimeum. Lalu, seksi 2 sepanjang 7,6 kilometer dari Seulimeum-Jantho dan Seksi 3 sepanjang 16 kilometer dari Jantho-Indrapuri. Dilanjutkan dengan seksi 4 yang membentang sepanjang 13,5 kilometer dari Indrapuri hingga Blang Bintang.

Untuk melakukan percepatan pembangunan, PT Adhi Karya (Persero) selaku kontraktor PT Hutama Karya (Persero) mempercayakan DAHANA untuk menyelesaikan tugasnya dari bulan April hingga November 2022.  Menurut Karyanto, Manajer Sektor Konstruksi DAHANA, hingga saat ini pihak Adhi Karya mengapresiasi kinerja baik DAHANA.

“PT Adhi Karya (Persero) memberikan respon yang sangat baik dengan adanya pekerjaan peledakan, secara otomatis membantu mereka untuk percepatan penyelesaian proyek tersebut yang secara fungsional harus selesai di bulan Maret 2023,” ujar Karyanto.

Dengan DAHANA terlibat di proyek pembangunan Jalan Tol Ruas Sigli – Banda Aceh, ini artinya kali ke-4 DAHANA ikut berpartisipasi di Proyek – proyek Strategis Nasional untuk Pembangunan Jalan Tol. Sebelumnya ada pembangunan Jalan Tol Palimanan dan Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Bakauheni – Sidomulyo dan Tol Cisumdawu Seksi 4A.

Sebagaimana diketahui, teknologi bahan peledak memiliki peranan penting dalam dunia pertambangan dan juga sektor konstruksi. Aplikasi bahan peledak pada kedua sektor tersebut mampu mempercepat progres penyelesaian proyek. Namun, penggunaan peledak juga harus memperhatikan sisi keamanan, baik para pekerja proyek, masyarakat sekitar, dan juga lingkungan.

DAHANA menghadirkan generasi kelima bahan peledak curah (DABEX) dan generasi keempat sistem inisiasi bahan peledak (Detonator Non Electric) hadir dalam kerangka solusi terhadap dampak peledakan dan memiliki kemampuan mengakselerasi penyelesaian proyek lebih cepat khususnya PSN yang banyak dikelola oleh BUMN Karya. Pekerjaan DAHANA di sektor konstruksi  antara lain, Bench Blasting & Pre-split Blasting yang bertujuan untuk menciptakan ruang di massa batu, baik untuk jalan raya, jalur pipa atau fondasi bangunan.

Artikulli paraprakPertama di Dunia, Nilfisk Experience Store Hadir untuk Pelanggan Indonesia
Artikulli tjetërSepakati Asumsi Makro Sektor ESDM RAPBN 2023, ICP Dipatok USD95 Per Barel