Beranda Info Produk Lebih Dekat dengan Fire Truck Iveco

Lebih Dekat dengan Fire Truck Iveco

Sebagai market leader, Iveco untuk unit fire truck mempunyai populasi yang banyak. Hal ini bukan semata karena superiornya, namun untuk persyaratan unit fire truck, dan Iveco mampu memenuhinya.

Jakarta, TAMBANG – Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 yang baru saja digelar, tidak hanya memamerkan berbagai kendaraan pribadi semata, namun ada yang menarik perhatian pengunjung adalah kendaraan korporat, seperti halnya truk pemadam kebakaran dan penyelamatan (Fire and Rescue Truck).

Ada yang menonjol dari produk truk pemadam dengan tampilannya sangat gagah ditambah warnanya yang sangat mencolok yaitu kuning. Banyak pengunjung menghentikan langkahnya untuk melihat lebih dekat bahkan mengambil gambar melalui telepon genggamnya.

Adalah truk bersasis Iveco yang cukup dikenal superior serta ketangguhannya di industri pertambangan ini, dengan karoseri dibuat oleh Ayaxx, merek dagang dari produk dalam negeri PT Pundarika Atma Semesta.

Iveco melalui dealer resminya PT Chakra Jawara yang banyak berfokus pada pertambangan, pada pameran ini menampilkan produk spesialnya untuk fire truck. Sebagai market leader dari sisi populasi, serta pengalaman penjualannya sejak tahun 2009, memiliki tiga market khusus seperti halnya industri tambang, kebutuhan angkatan dari TNI, juga untuk kebutuhan bandara yang dikelola Kementerian Perhubungan.

Bila bicara fire truck, kenapa Iveco disebut sebagai market leader dari sisi populasi, karena memang Iveco yang pertama menggunakan transmisi fully automatic dan Iveco memenuhi kriteria yang ditetapkan.

Seperti yang diungkapkan General Manager Commercial & Marketing PT Chakra Jawara, Rudhi Wibawa Rusadhi, di sela-sela kegiatan pameran.

Menurut Rudhi kriteria yang harus dipenuhi, Iveco memilikinya serta lolos dari persyaratan, seperti halnya kondisi bandara dengan landasan pacu yang pendek, namun harus meraih top speed sekian detik, akselerasi sekian lama, kemudian braking system.

Penggerak yang dibutuhkan oleh bandara adalah 4×4, mengingat jalan yang dilalui adalah berupa jalan raya (jalan aspal). Namun berbeda dengan pertambangan, dimana medan yang dilalui serta yang dijangkau lebih berat, maka dikeluarkan dengan aplikasi penggerak konfigurasi 6×6 agar mampu mencapai hingga ke titik yang dituju (pit).

”Iveco memberikan nilai tambah dari sisi ketersediaan suku cadang juga kecepatan pelayanan pada saat dibutuhkan. Hal ini tentu menjadikan Iveco sebagai pilihan untuk kebutuhan fire truck,” ujar Rudhi.

Saat disinggung terkait after sales support serta suku cadang, Rudhi menjelaskan bahwa Iveco disamping memberikan kecepatan dalam pelayanan juga menjamin ketersediaan suku cadang, hal ini menjadi nilai tambah bagi pelanggan.

Unit pengoperasian dari fire truck sangat rendah, justru jika dimungkinkan untuk tidak beroperasi. Namun Iveco mempunyai modul, agar kondisi tetap terjaga. Customer diajarkan perihal perawatan, teknis pengoperasian hingga soal maintenance.

Warna Kuning

Penampilan dan warna yang menarik perhatian adalah seluruh bagian unit fire truck ini berwarna kuning. Banyak orang berpendapat bahwa ini bukan warna biasa, mengingat kendaraan pemadam biasanya berwarna merah.

Waluyo, Kepala Produksi PT Pundarika Atma Semesta mengungkapkan bahwa warna kuning akan terlihat jelas dibanding warna merah jika berada di wilayah operasional pertambangan. Penentuan warna ini pun atas permintaan customer dari kalangan industri tambang.

Beberapa perusahaan pertambangan seperti Amman Minerals, Kideco Jaya Agung serta Vale Indonesia menggunakan produk Iveco untuk kebutuhan fire truck.

Artikulli paraprakUntuk Keempat Kalinya, ABM Investama Raih Penghargaan ASSRAT
Artikulli tjetërOmbudsman Bakal Panggil ESDM Soal Sengkarut Izin Tambang