Menteri Airlangga Resmikan Pabrik Gas Insulated Swicthgear

Menteri Airlangga Resmikan Pabrik Gas Insulated Swicthgear

Jakarta, TAMBANG – Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto meresmikan pabrik milik PT ABB Sakti Industri. Pabrik yang berada di kawasan Industri Jatake, Kota Tangerang, Banten itu memproduksi Gas Insulated Swicthgear (GIS).

 

“Ini adalah sesuatu yang akan kita kerjakan bersama. Selamat untuk ABB atas peresmian rencana ABB di pasar Indonesia,” kata Airlangga dalam sambutannya di Tangerang, Selasa (9/10).

 

GIS merupakan bentuk pengembangan dari Swicthgear yang digunakan pada gardu induk, yang mana pada umumnya dibangun di daerah perkotaan atau padat pemukiman. GIS biasanya dipasang di dalam gedung.

 

Pada tahun lalu, ABB yang merupakan produsen teknologi ketenagalistrikan dan otomatisasi asal Swiss ini juga meresmikan pabrik Air Insulated Switchgear (AIS) untuk tegangan menengah. Lokasinya sama, berada di kawasan industri Jatake.

 

Untuk pasar di Indonesia, produk ABB lebih dominan diserap oleh PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Khusus untuk GIS, PLN memesan hingga mencapai nilai USD27 juta, untuk kuartal pertama tahun ini. Produk tersebut dipasang di berbagai wilayah, khususnya Jakarta.

 

Selain itu, ABB juga bekerjasama dengan PLN untuk mengalirkan listrik ke area di sekitar fasilitas utama Asian Games. ABB membantu penerangan ajang olahraga bergengsi itu khusus di kawasan Jakabaring, Palembang.

 

Di tahun ini, ABB terlibat dalam pembangunan terminal building di bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. ABB diberi tugas untuk memenuhi kebutuhan alat-alat kelistrikan


Artikel Lain
Close
Close