Beranda Korporasi Nornickel Dan Rosatom Siap Berkolaborasi Kembangkan Potensi Lithium Di Murmansk, Rusia

Nornickel Dan Rosatom Siap Berkolaborasi Kembangkan Potensi Lithium Di Murmansk, Rusia

Jakarta,TAMBANG,- Perusahaan tambang nikel dan Paladium asal Rusia, Nornickel menjalin kerjasama dengan perusahaan energi atom Rusia Rosatom terkait pengembangan potensi lithium di Rusia. Sebagaimana diketahui telah ditemukan deposit Kolmozerskoye, di wilayah Murmansk yang disebut-sebut sebagai yang terbesar di Rusia. Depositnya menyumbang 18,9% dari cadangan domestik.

Para pihak sepakat untuk bekerja sama di beberapa bidang. Pertama, para pihak bermaksud untuk mengembangkan proyek-proyek strategis di Arktik Rusia dalam upaya untuk mengembangkan infrastruktur Rute Laut Utara, pelayaran Arktik. Termasuk pelaksanaan proyek pembuatan kapal dan pengembangan armada pemecah es nuklir.

Pemecah es Atomflot membantu Nornickel memperluas koridor transportasi ke Semenanjung Taimyr yang memungkinkannya untuk mendukung program investasi ambisiusnya di Distrik Industri Norilsk. Sebut saja 2022, kapal pemecah es bertenaga nuklir Sibir telah menyediakan navigasi sepanjang tahun di jalur Murmansk-Dudinka dan beroperasi di Teluk Yenisey memastikan kecepatan uji coba komersial.

Proyek bersama juga dapat mencakup pengembangan deposit litium Kolmozerskoye di wilayah Murmansk dan pemrosesan lebih lanjut bahan baku litium. Kolmozerskoye adalah yang terbesar (18,9% dari cadangan domestik) dan deposit bijih lithium Rusia yang paling menjanjikan yang belum dimanfaatkan dan saat ini belum dialokasikan. Para pihak akan mempertimbangkan untuk mendirikan usaha patungan yang akan menggabungkan aset dan kompetensi mitra dan berpartisipasi dalam lelang lisensi Kolmozerskoye.

“Produk-produk Nornickel telah lama memainkan peran penting dalam penyimpanan energi. Dengan memperluas jangkauan logam kami dengan bahan baku penting dan dicari seperti lithium, kami bermaksud untuk memperkuat posisi kami sebagai pemasok utama untuk industri baterai. Dan kerjasama antara Rosatom dan Nornickel akan memungkinkan industri Rusia untuk mengambil langkah maju dalam mengembangkan produksi baterai modern yang efisien sendiri,” demikian Presiden Nornickel Vladimir Potanin.

Penambangan lithium akan membantu menyiapkan produksi domestik pertama produk yang mengandung lithium, serta produksi baterai traksi lithium-ion. Dengan demikian, dengan saling melengkapi kemampuan dan aset, kerja sama antara Rosatom dan Nornickel akan mempercepat pembangunan industri penyimpanan energi siklus penuh.

Berdasarkan perjanjian kerjasama, Rosatom berencana untuk melibatkan FSUE Atomflot, ARMZ Uranium Holding, JSC TechSnabExport dan JSC RENERA dalam proyek-proyek tersebut.

“Daftar area tidak lengkap dan dapat dilengkapi oleh para pihak dengan membuat perjanjian tambahan,” ungkap dokumen tersebut.

Pemecah es Atomflot membantu Nornickel memperluas koridor transportasi ke Semenanjung Taimyr yang memungkinkan perusahaan untuk mendukung program investasinya di Distrik Industri Norilsk. Sebut saja sejak 2022, kapal pemecah es bertenaga nuklir Sibir telah menyediakan navigasi sepanjang tahun di jalur Murmansk-Dudinka dan beroperasi di Teluk Yenisey. Keberadaanya memastikan kecepatan uji coba komersial.

Artikulli paraprakBumi Resources Tanggapi Menguatnya Kebutuhan Batu Bara Dunia Imbas Konflik Rusia
Artikulli tjetërSMGP: Korban Keracunan Gas PLTP Sorik Sudah Boleh Pulang, Pengamanan Sumur Terus Dilakukan