Beranda CSR PAMA Fire and Rescue Challenge, Ajang Asah Teknik Tim Tanggap Darurat

PAMA Fire and Rescue Challenge, Ajang Asah Teknik Tim Tanggap Darurat

PT Pamapersada Nusantara menggelar kompetisi PAMA Fire and Rescue Challenge (PFRC) Ke-7. Agenda yang melibatkan peserta dari 15 kelompok delegasi anak usaha Pamapersada itu, berlangsung di PAMA CCOS Integrated Development Center di Kawasan Industri Menara Permai, Cileungsi, Bogor.

Direktur Pamapersada, Ari Sutrisno mengatakan, kompetisi tersebut mengundang tim fire and rescue perusahaan dari berbagai site untuk meningkatan semangat sekaligus kompetensi petugas dalam menghadapi situasi darurat di lokasi tambang.

Menurutnya, para personel tim tanggap darurat atau Emergency Responses Team (ERT) Pamapersada itu, juga kerap ditugaskan terjun ke berbagai lokasi bencana alam di Indonesia.

“Operasional tambang itu berisiko tinggi, kita harus siap menghadapi bahaya apapun selama ada potensi risikonya. Melalui kompetisi PFRC ini, kami berharap tim rescue Pamapersada dapat belajar dan meningkatkan kemampuan untuk bisa mengendalikan situasi tersebut,” ungkap Ari saat dijumpai di lokasi PAMA CCOS di Cileungsi, Kamis (1/9).

Simulasi PFRC penyelamatan kecelakaan lalu lintas tambang.

Dalam kegiatan PFRC itu, tim ERT Pamapersada diuji menangani keadaan darurat seperti kecelakaan lalu lintas tambang, penyelamatan di area terbatas dan di dalam air. Setiap tim ERT akan mendapat skenario insiden tertentu dan harus bisa menanganinya dalam waktu yang dibatasi.

Para peserta akan dinilai berdasarkan kecepatan dan ketepatan teknik dalam penanganan insiden tersebut. Namun demikian, apabila personel melakukan penanganan dengan teknik yang kurang tepat atau bahkan salah, dewan penilai akan memberi tahu sekaligus mengajarkan cara yang benar.

Simulasi tantangan PFRC penyelamatan di area terbatas

“Jadi tujuan dari kompetisi PFRC ini, benar-benar untuk mengedukasi dan meningkatkan keterampilan personel. Bukan semata-mata untuk perlombaan saja,” jelas Ari.

Lebih lanjut, Kegiatan ini merupakan bagian dari program Sustainability (ESG) yang dicanangkan perusahaan dalam menyasar target Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) karyawan. Kegiatan PFRC berlangsung selama sepekan dan diikuti petugas fERT dari berbagai lokasi kontrak tambang yang dikelola Pamapersada di Kalimantan dan Sumatera.

Artikulli paraprakPresiden Jokowi Luncurkan 5G Mining di Freeport, Pertama di Asia Tenggara
Artikulli tjetërAMMAN Dukung Kreativitas Generasi Muda untuk Dorong Transisi Energi