Beranda CSR PAMA Sabet 5 Penghargaan Bergengsi CSR dan Pengembangan Desa Berkelanjutan Awards 2024

PAMA Sabet 5 Penghargaan Bergengsi CSR dan Pengembangan Desa Berkelanjutan Awards 2024

Penghargaan CSR PAMA

Jakarta, TAMBANG – Kontraktor tambang terbesar di Indonesia, PT Pamapersada Nusantara (PAMA) berhasil menyabet 5 penghargaan bergengsi pada ajang CSR dan Pengembangan Desa Berkelanjutan (PDB) Awards 2024.

Penghargaan ini berakat komitmen perusahaan dalam melakukan Percepatan Pembangunan Desa dan Pencapaian SDGs Desa.

“PAMA hadir untuk berkontribusi nyata kepada bangsa dan negara, baik dari sisi pemenuhan kebutuhan listrik maupun kesejahteraan masyarakat,” ungkap CSR Dept Head PAMA, Maidi Irvan.

Maidi menegaskan, PAMA juga sangat fokus pada pengaplikasian program corporate social responsibility (CSR), terutama pada pembangunan desa-desa. Baik desa-desa yang berada di sekitar maupun di luar area operasional perusahaan.

“Kami terus fokus untuk mendampingi desa-desa tersebut agar terus bisa mandiri dan berkelanjutan, kami terus memantau dan memberikan dukungan kepada masyarakat desa di sana,” beber dia.

Pembangunan desa yang dilakukan PAMA tidak hanya sebatas program untuk menggugurkan kewajiban CSR. Lebih dari itu, pihaknya mempersiapkan dan membina tokoh-tokoh lokal untuk mengembangkan desa tersebut secara berkelanjutan.  

“Karena di sana ada Local Champion yang akan mengakomodir dan menggerakan masyarakat di desa tersebut,” jelasnya.

Maidi menyampaikan, PAMA sudah banyak membina dan mengembangan desa untuk bergerak menjadi desa mandiri yang berkelanjutan di berbagai wilayah kerja. Baik yang berada di area jobsite, ring 1 PAMA Head Office, dan wilayah lainnya seperti Dusun Kawista, Wonosobo, Jawa Tengah.

Sementara, Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin yang turut hadir dalam penganugerahan tersebut menyampaikan, pembangunan desa menjadi salah satu fokus perhatian pemerintah untuk mewujudkan struktur perekonomian nasional yang seimbang, berkembang dan berkeadilan.

Kata dia, sebagai lingkup pemerintahan terkecil, desa memegang peran penting sebagai penggerak pembangunan ekonomi masyarakat.

“Atas dasar itu keterlibatan elemen desa dalam aktivitas ekonomi harus ditingkatkan salah satunya melalui pelibatan BUMDes,” ungkap Ma’ruf Amin.

Adapun ke-5 penghargaan yang diboyong PAMA pada ajang CSR & PDB Awards 2024 adalah:

  1. PAMA BEKB: Pengembangan BUM Desa melalui Program CSV (Creating Shared Value).
  2. PAMA BRCB: Peningkatan Kualitas Kampung Budaya dalam Upaya Melestarikan Budaya Kampung Tumbit Dayak melalui Partisipasi Aktif Masyarakat, BUM Desa, Pemerintah, dan Perusahaan Swasta.
  3. PAMA INDO: Budidaya Tanaman Aren & Olahan Makanan Berbahan Dasar Aren.
  4. PAMA ARIA: Kerja sama BUM Desa Karya Makmur, dan
  5. PAMA Head Office: Pembinaan Program Kampung Iklim Menuju Desa Berdikari PAMA Dusun Kawista Wonosobo.

Untuk diketahui, penganugerahan penghargaan CSR dan PDB Awards merupakan hasil kerja sama Indonesian Social Sustainability Forum (ISSF) dengan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini