Beranda CSR Peduli Penyandang Kusta, PT Dahana Beri Bantuan Wirausaha Inklusif

Peduli Penyandang Kusta, PT Dahana Beri Bantuan Wirausaha Inklusif

JAKARTA, TAMBANG- PT Dahana Persero (Dahana) memberi bantuan kepada penyandang disabilitas kusta melalui program wirausaha inklusif yang dilaksanakan di Puskesmas Pagaden, Subang akhir Desember lalu. Dalam program tersebut, Dahana bekerja sama dengan Netherland Leprosy Relief (NLR) Indonesia.

Ketua Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Dahana, Eman Suherman menyampaikan bahwa pihaknya serius dalam upaya mewujudkan Indonesia Zero Kusta, terutama di Kawasan Subang, tempat perusahaan beroperasi. Menurutnya, salah satu gerakan untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan memberikan bantuan modal wirausaha berupa gerobak dan alat masak. 

“Kami berharap dengan bantuan ini bisa membantu melawan stigma dan tetap bisa  membantu pasien untuk produktif dengan cara pemberian alat wirausaha, kami berharap bantuan dari kami bisa digunakan secara optimal,” katanya, dikutip dari laman resmi, Senin (3/1).

Sebelumnya, perusahaan yang bergerak di industri bahan peledak ini juga turut melakukan sosialisasi penanganan kusta.  Hal ini sekaligus sebagai kampanye pengetahuan tentang kusta kepada masyarakat agar tidak terjadi lagi stigma-stigma negatif kepada penyandang kusta.

Hingga saat ini, kusta masih dianggap sebagai penyakit yang diakibatkan oleh hal-hal gaib terutama di wilayah pedesaan Indonesia. Akibatnya, para penyandang kusta seringkali dijauhi masyarakat. Alih-alih mendapatkan pertolongan pengobatan yang tepat, para penyandang justru mendapat perlakuan yang tidak adil.

Kepala Puskesmas Pagaden, Ely Badriah menyampaikan, upaya yang dilakukan Dahana merupakan langkah yang sangat baik untuk menyelesaikan problem kusta yang mendera beberapa warga di Kabupaten Subang.

Selain memberikan pengetahuan yang benar tentang kusta, Dahana kata dia, juga telah memberikan bantuan materil berupa alat usaha, yang kami harapkan dapat menaikkan mental dan imun para penyandang kusta.

“Kami bangga bisa dipilih oleh PT DAHANA (Persero) untuk menjadi salah satu kandidat penerima program CSR. Kami sangat terbantu terutama untuk bantuan program penyandang disabilitas kusta, semoga PT Dahana bisa terus berkembang dan terus membantu puskesmas-puskesmas yang ada di Subang,” ujar Ely.

Artikulli paraprakKontrak Habis, KPC Belum Kantongi IUPK
Artikulli tjetërJokowi Ancam Cabut Izin Perusahaan Batu Bara Jika Abai Soal Pasokan Domestik