Beranda ENERGI Migas Pemerintah Umumkan Pemenang Lelang 11 WK Migas

Pemerintah Umumkan Pemenang Lelang 11 WK Migas

ilustrasi

Jakarta-TAMBANG-Beberapa perusahaan migas papan atas seperti Petronas, Shell dan Pertamina menjadi pemenang lelang Wilayah Kerja konvensional dan non konvensional tahap I tahun 2014. PT Pertamina (Persero) dinyatakan sebagai pemenang lelang penawaran langsung WK Migas konvensional di WK Abar dan Anggursi, keduanya di offshore Utara Jawa Barat.

 

Sementara Shell yang diwakili Shell Exploration Company B.V dinyatakan sebagai pemenang lelang penawan langsung WK Konvensional offshore Pulau Moa Selatan, offshore Maluku. Sementara Petronas Carigali International E&P BV menjadi lelang penawaran langsung WK Kualakurun, Offshore Kalimantan Tengah.

 

Sebagaimana diketahui hari ini Pemerintah dalam hal ini Ditjen Migas, Kementrian ESDM telah mengumumkan pemenang lelang penawaran langsung WK Migas Konvensional tahap I tahun 2014, pemenang lelang regular WK Migas Konvensional dan pemenang lelang penawaran langsung WK Migas non konvensional.

 

Untuk lelang penawaran langsung WK Migas konvensional tahap I yang dilaksanakan 2 Juni sampai 16 Juli 2014, dari 8 WK yang ditawarkan ada 6 WK yang sudah ditentukan pemenangnya. Sementara dua WK North Central Java offshore dan WK Dolok belum ada pemenangnya. WK yang sudah ada pemenangnya adalah WK Kualarakun (Kalimantan Tengah) dimenangi PT Petcon Resources-PT Petronas Carigali International E&P BV, WK Garung (Kalimantan Tengah) dimenangi PT Mentari Abdi Pertiwi, WK Offshore Pulau Moa Selatan ( Maluku) dimenangi Shell Exploration Company BV . Lalu ada Southeast Papua (Papua) dimenangi oleh PT Gema Terra-Transform Exploration Pte Ltd, WK Abar dan WK Anggursi (Jawa Barat) dimenangi PT Pertamina (Persero).

 

Para pemenang ini berkomitmen untuk melakukan eksplorasi selama 3 tahun ke depan berupa studi G&G sebesar US$5,59 juta, Survey seismic 2D sepanjang 2,750 km dan pemboran 2 sumur eksplorasi. Total komitmen investasi eksplorasi sebesar US$36,235 juta. Sementara bonus tandatangan yang diterima pemerintah dari hasil lelang ini sebesar US$ 6 juta. Artinya setiap perusahaan memberikan bonus tandatangan sebesar US$ I juta.

 

Pemerintah juga mengumumkan 2 pemenang lelang reguler WK Konvensional tahap 1 tahun 2014. Dari lima wilayah yang ditawarkan ada dua wilayah yang ada pemenangnya yakni North Madura II yang dimenangkan oleh Petronal Carigali International E&P BV. Dan WK Aru Trough I di Kepulauan Aru yang dimenangkan oleh Statoil ASA. Total investasi untuk kedua WK tersebut adalah US$70,9 juta. Sementara bonus tandatangan yang diterima Pemerintah senilaiUS$3 juta.

 

Ada juga tiga WK migas non konvensional yang diumumkan pememangnya hari ini yakni MNK Palmerah, Sumatera Selatan dan Jambi, MNK Sakakemang di Sumatera Selatan dan Onshore Riau. Total investasi yang diperoleh dari ketiga WK ini sebesar US$37,025 juta sementara bonus tandatangan senilai US$3 juta.

 

Secara keseluruhan dari 11 pemenang lelang WK yang diumumkan hari ini, total komitmen investasi eksplorasi sebesar US$144,25 juta. Sementara bonus tandatangan yang diterima langsung Pemerintah sebesar US$12 juta.

 

 

 

Artikulli paraprakNewmont Serahkan Dokumen Persyaratan Pengajuan Ekspor
Artikulli tjetërEkspor CPO Turun 1% menjadi 1,79 juta ton pada Februari 2015