Beranda Tambang Today Pencarian Korban Musibah AirAsia Terus Dilanjutkan

Pencarian Korban Musibah AirAsia Terus Dilanjutkan

JAKARTA—TAMBANG. HINGGA Jumat siang ini, makin banyak jenazah korban musibah pesawat QZ8501 yang ditemukan. Kapal perang Amerika, Sampson 102, menemukan enam jenazah. Kapal Diraja Lekir, yang dikirim Malaysia, menemukan satu. Jenazah itu akan diangkut ke Pangkalan Bun, untuk selanjutnya diterbangkan ke Surabaya, tempat pusat identifikasi korban berada.

 

Tak mudah untuk mengidentifikasi jenazah itu. Banyak tanda pengenal luar, seperti baju, sidik jari, atau tanda pengenal lain, yang sudah rusak. Cara lain yang akan dilakukan adalah dengan identifikasi melalui tes DNA. Namun ini memakan waktu.

 

Hari ini, karena cuaca lebih bagus ketimbang kemarin, pencarian besar-besaran dilanjutkan. Kapal Perang Republik Indonesia Banda Aceh berlayar menuju Selat Karimata, mengangkut 57 penyelam. Kapal ini berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok Senin lalu.

 

Tim penyelam pertama akan terjun lebih dahulu, menyelam ke kedalaman yang diperkirakan sekitar 40 meter. Mereka turun, membawa tali untuk menjadi panduan bagi penyelam berikutnya. Penyelam mampu berada di dasar laut selama 15-25 menit.

 

Kapal Basarnas dan KNKT hari ini juga menyisir lokasi yang diduga menjadi tempat jatuhnya AirAsia QZ8501. KNKT akan fokus pada upaya mencari kotak hitam, agar bisa mencari tahu penyebab jatuhnya pesawat.

Artikulli paraprakPerkiraan Ekonomi Global pada 2015
Artikulli tjetërMusibah AirAsia: Semakin Banyak Negara Terlibat Pencarian