Beranda Batubara Perebutan Asia Resources Minerals Memanas

Perebutan Asia Resources Minerals Memanas

MUNDURNYA Bob Kamandanu membuat pertempuran memperebutkan Asia Resources Minerals, perusahaan yang dulu bernama Bumi Resources, memanas. Jumat lalu Bob Kamandanu mundur dari Asia Resources, menjelang perusahaan yang memiliki aset berupa tambang batu bara di Berau itu mengadakan rapat umum pemegang saham. Bob Kamandanu digantikan sementara oleh Wallace King.

 

Pemegang saham terbesar, Samin Tan, berniat untuk mengganti tiga pengurus perusahaan, yaitu Richard Gozney, Amir Sambodo, dan Hamish Tyrwhitt. Bob Kamandanu, bekas direktur utama PT Berau Coal, yang diangkat menjadi komisaris, juga akan diganti oleh Samin Tan.

 

Dilaporkan oleh situs berita pertambangan www.mining.com, pertempuran memperebutkan kendali terhadap Asia Resources membuat saham perusahaan itu terpuruk. Sejak terdaftar di Bursa London pada 2010, harga saham perusahaan itu berkurang lebih dari 90%.

 

Bumi lahir pada 2010 ketika keluarga Bakrie dari Indonesia menjalin kesepakatan bisnis bernilai US$ 3 miliar dengan Nathanael Rothschild. Tapi bulan madu antara Bakrie dengan Rothschild tak berlangsung lama. Terjadi pertempuran seru antara keluarga Bakrie dengan Rothschild, melibatkan pembajakan email, kriminalisasi, hingga laporan ke polisi. Dampaknya, harga saham Bakrie semakin terpuruk.

 

Asia Resources memegang 23,8% saham. Pemegang saham besar lainnya adalah Raiffeisen Bank (23,8%) dan Nathaniel Rochschild (17,5%).

Foto: tambang di Berau.

Artikulli paraprakDesa Miskin Listrik Dapat Solar Light Gratis
Artikulli tjetërSumber Energi Andalan Jajaki Investasi Sektor Listrik