Beranda Home Slide Pertamina Siapkan Tim Audit Independen untuk Petral

Pertamina Siapkan Tim Audit Independen untuk Petral

Jakarta-TAMBANG. Pasca pengumuman likuidasi Petral oleh Direksi Pertamina pekan lalu, perusahaan energi berplat merah itu kini menyiapkan tim auditor independen untuk proses audit Petral dan seluruh anak usaha yang berada di bawahnya.

 

VP Corporate Communications Pertamina, Wianda Pusponegoro mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan proses due diligence untuk mengkaji seluruh aset dan utang piutang milik Petral dan anak usahanya. Totalnya mencapai sekitar US$ 2 miliar. “Saya belum bisa sebut siapa auditornya tapi yang jelas mereka terbagi dua, legal dan finansial,” kata Wianda di Jakarta, Selasa (19/5).

 

Wianda menambahkan, nanti seluruh perjanjian kontrak bisnis yang selama ini dikelola Petral akan diambil alih divisi ISC yang sudah berjalan lebih kurang tiga bulan. Setelah proses audit selesai, Pertamina baru secara resmi akan melakukan pembubaran Petral dan anak usahanya. Proses audit ditargetkan selesai hingga April 2016.

 

Sebelumnya Koordinator PWYP Indonesia, Maryati mengatakan, pihaknya mendukung upaya pemerintah untuk segera melakukan audit menyuluruh berupa audit investigasi dan audit forensik terhadap Petral. Audit tersebut terkait manajemen, pengelolaan anggaran, impor minyak mentah serta pengelolaan aset-aset.

 

Maryati berharap, nantinya hasil laporan kedua audit itu jangan hanya menjadi dokumen semata, namun harus dilakukan ekspose publik dan ditindaklanjuti ke ranah hukum. “Karenanya, kami berharap hasil audit investigasi dan audit forensik itu harus membuka tabir sesungguhnya praktek-praktek yang ditengarai sebagai mafia migas dan juga untuk mengetahui kemana saja aliran ‘rente’ impor minyak mentah selama ini mengalir. selama ini,” tuturnya.

Artikulli paraprakSepuluh PKP2B Turunkan Produksi Batu Bara
Artikulli tjetërPembebasan Sisa Lahan PLTU Batang Akan Pakai UU No 2 tahun 2012