Event

Pertemuan Alumni Teladan Yogyakarta

Pertemuan Alumni Teladan Yogyakarta

Yogyakarta – TAMBANG. KELUARGA Alumni Teladan Yogyakarta (KATY) Cabang Jakarta mengadakan acara makan malam, dilanjutkan bersama-sama mengikuti acara ‘’Melodi Memori’’ di TVRI Jakarta, Minggu, 21 Januari 2018 lalu. ‘’Teladan’’ merupakan julukan bagi SMA Negeri 1 Yogyakarta, salah satu sekolah terkemuka di Yogyakarta.

 

Acara ini berlangsung cukup meriah. Sekitar 400 alumni hadir. Ada alumni yang terbang dari Inggris, untuk mengikuti acara ini.  ‘’Bagi saya, kumpul-kumpul dengan teman-teman sesama alumni, tidak boleh dilewatkan. Teman adalah sesuatu yang sangat penting dalam hidup ini,’’ kata Endang Achiruliati, nama alumni yang lulus 1983 itu. Juga ada alumni yang datang dari Belanda, Amerika Serikat, dan Malaysia.

 

Kegiatan kumpul-kumpul ini merupakan kelanjutan dari reuni akbar di Yogyakarta, pada Desember lalu. Ketika itu, salah satu alumni angkatan 1983, Susi Pudjiastuti, ikut hadir. Susi, kini dikenal sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan pada Kabinet Kerja, ketika itu menyampaikan masukannya. Ia menyarankan agar para guru lebih mendorong para murid semakin berani menyampaikan pendapat, dan lebih kreatif.

 

Seusai reuni yang meriah, para alumni merasakan pentingnya menjaga semangat kebersamaan, demi kemajuan bersama, dan sekolah. Itulah yang kemudian digagas oleh pengurus KATY Cabang Jakarta. Saat ini kegiatan KATY Jakarta bertumpu pada unit-unit, seperti unit golf, unit sepeda, dan unit badminton.

 

Dari diskusi di grup whatsapp, kemudian dilanjutkan dengan pertemuan lebih serius. Akhirnya disepakati untuk mengadakan acara gala dinner, dilanjutkan menonton pagelaran Melodi Memori di TVRI, yang dimeriahkan sebagian besar oleh artis era 1980an, seperti Dhedy Dukun, Dian Pramana Poetra, Rafika Duri, Vina Panduwinata. Dua alumni SMA 1, yaitu Isnan Rahmanto dan Trishadiatmoko Pamungkas, kebetulan kini menjadi pimpinan di TVRI.

 

“Kita mau membangun networking. Acara ini terlaksana berkat sumbangan teman-teman. Mudah-mudahan ke depannya bisa berkolaborasi dengan TVRI agar bisa sama-sama lebih maju lagi,” kata Isnan yang juga menjabat sebagai Direktur Keuangan TVRI. Dalam acara ini, Isnan menjadi ketua panitia.

 

Sekretaris Jenderal KATY, Sumartoyo, menjelaskan bahwa KATY tidak hanya berisi kegiatan yang bersenang-senang. KATY memiliki KATY Foundation, yang diniatkan untuk menyebarkan semangat kebersamaan dengan membantu mensukseskan program pendidikan di Indonesia. Berdiri pada 2016, hingga saat ini KATY Foundation telah membantu 26 siswa dalam bidang pendidikan.

 

Sumartoyo, alumni angkatan 1982 itu menambahkan, bentuk bantuan yang diberikan KATY Foundation di antaranya kebutuhan belajar siswa, pelatihan soft skill, hingga kelas khusus yang mendatangkan alumni-alumni yang sudah sukses untuk memberikan inspirasi.

 


Close
Close