Beranda ENERGI Energi Terbarukan Perusahaan Sawit Singapura Kuasai Kilang Biodiesel

Perusahaan Sawit Singapura Kuasai Kilang Biodiesel

Jakarta – TAMBANG. Perusahaan kelapa sawit PT Bumitama Energi Lestari mengakuisisi PT Energi Baharu Lestari yang bergerak di bidang produksi biodiesel. Akuisisi tersebut dilakukan Bumitama bersama PT Karya Manunggal Sawitindo, dengan nilai transaksi sebesar Rp10,4 miliar.

 

PT Bumitama Energi Lestari, sebagai anak usaha Bumitama Agri Ltd yang terdaftar di Singapura tidak dimungkinkan melakukan akuisisi 100%. Sesuai Undang-Undang No. 25 Tahun 2007, kepemilikan perusahaan asing tersebut dibatasi. Karenanya, Bumitama harus menggandeng Karya Manunggal Sawitindo.

 

“Setelah akuisisi ini rampung, Energi Baharu Lestari secara tidak langsung akan menjadi anak usaha kami,” ungkap Lim Gunawan Hariyanto, Executive Chairman & CEO Bumitama Agri, dalam pernyataan yang ditulis Rabu (17/12).

 

Nantinya, komposisi kepemilikan Energi Baharu Lestari akan didominasi oleh Bumitama dengan porsi 95%. Sementara sisa 5%-nya akan dimiliki Karya Manungal Sawitindo. Lim Gunawan Hariyanto pun menjelaskan bahwa seluruh pendanaan akuisisi ini dianggarkan dari kas internal.

 

Akuisisi ini dikatakan sejalan dengan ekspansi perusahaan ke bisnis hilir, karena Energi Baharu Lestari saat ini sedang melakukan tes dan uji coba kilang biodiesel. PT Energi Baharu Lestari sendiri baru berusia satu tahun, dan kilang biodiesel yang masih diuji coba itu berkapasitas 20.000 ton per tahun. Investasi proyek kompleks biodiesel tersebut saja diperkirakan bernilai US$ 9 juta.

 

Artikulli paraprakPetral Tak Jadi Diboyong Ke Jakarta
Artikulli tjetërPembebasan Lahan PLTU Batang Rampung Akhir 2014