Beranda Event PGN Segera Garap Proyek Jaringan Pipa Gas ke Medan

PGN Segera Garap Proyek Jaringan Pipa Gas ke Medan

Jakarta – TAMBANG. PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) akan segera membangun membangun jaringan pipa gas alam sepanjang 395 kilometer (km) dari Duri, Riau menuju Medan, Sumatra Utara. Proyek tahap pertama ini diperkirakan bakal menelan biaya investasi  sebesar US$ 148 juta–US$ 160 juta.

 

Jaringan pipa gas Duri–Medan ini rencananya akan terintegrasi dengan jaringan pipa Grissik–Duri yang sudah beroperasi sejak tahun 1998 silam. Perusahaan distribusi gas milik negara ini rencananya akan membangun jaringan pipa Duri–Medan ini dalam dua tahap.

 

“Untuk tahap pertama, yaitu pipa Duri–Dumai akan kami mulai tahun ini,” ujar Juru Bicara PGN Irwan Andri Atmanto, Jumat (30/1).

 

Sedang pengerjaan proyek tahap kedua, yakni jaringan pipa gas dari Dumai menuju ke Medan harus menunggu  ketersediaan pasokan gas dari Sumatra Selatan dan Jambi untuk dialirkan ke wilayah Dumai dan Medan.

 

Saat ini, proyek Duri–Dumai sudah dalam tahap lelang. Jika tak meleset dari jadwal, penunjukan pemenang lelang, akan diumumkan pada pertengahan tahun 2015 ini. Sedangkan sumber gas untuk jaringan Duri–Dumai berasal dari Sumatra Selatan, Jambi dan Riau.

 

“Namun tidak menutup kemungkinan dari wilayah lain,” ujar Irwan.

 

Nantinya, gas yang dialirkan ini untuk memenuhi kebutuhan energi di Dumai Riau. Selain untuk kebutuhan industri, PGN juga akan menyasar industri transportasi dan rumah tangga.

 

Artikulli paraprakHarga BBM Bulan Februari Di Luar Jawa-Madura-Bali Tetap
Artikulli tjetërPemangkasan Produksi Belum Akan Terjadi