Beranda Home Slide Proyek Porong Grati Pertagas Masuk ke Tahap Konstruksi

Proyek Porong Grati Pertagas Masuk ke Tahap Konstruksi

Jakarta-TAMBANG. Anak perusahaan Pertamina (Persero), PT Pertamina Gas (Pertagas) terus menggenjot pembangunan infrastruktur gas dengan mempercepat konstruksi pipa Porong – Grati di Jawa Timur sepanjang 56 KM.

 

Dalam Groundbreaking Proyek Porong-Grati, President Director PT Pertamina Gas, Hendra Jaya menjelaskan, pembangunan pipa gas ini dimaksudkan pemenuhan kebutuhan gas bagi pembangkit PLN.

 

“Ruas pipa Porong-Grati juga akan menyediakan future connection, sehingga ke depan  dapat memberikan peluang  bagi industri-industri di sepanjang jalur pipa tersebut  untuk menggunakan  gas dan memperluas kesempatan masyarakat untuk mendapatkan akses terhadap gas,” kata Hendra dalam keterangan persnya, Senin (19/1).

 

Persetujuan akhir investasi atau Final Investment Decision (FID) Proyek Porong – Grati telah disetujui oleh induk Pertagas yaitu PT Pertamina (Persero) , menurut Hendra Jaya sangat layak untuk mengalirkan gas di sepanjang wilayah yang dilewati pipa dari Porong – Grati. Dari sisi pasokan gas hingga pengguna sudah ada, sehingga pembangunan infrastruktur gas ini dapat dipercepat penyelesaiannya.

 

Proyek pipanisasi ini melalui dua kabupaten di Jawa Timur, yaitu Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Pasuruan, menggunakan konsep open access , berkapasitas 122 mmscfd dan memiliki starting point dari Porong.

 

Proyek dengan pipa berdiameter 18 inchi ini diharapkan akan sampai tahap uji coba (commissioning) pada Kuartal 3 Tahun 2015. Pipanisasi Porong-Grati ini, kelak akan mendukung program pemerintah untuk mewujudkan pipa terintegrasi di Jawa Timur khususnya dan Pulau Jawa pada umumnya.

 

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Sidoarjo, Fenny Apridawati yang yang mewakili Bupati Sidoarjo dalam sambutannya menyatakan dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Sidorajo pada proyek ini, dan berharap nantinya Indonesia memiliki ketahanan energi yang tangguh.

 

Menurut Fenny daerah yang dilewati di Sidoarjo merupakan daerah kawasan industri, maka harapannya proyek ini juga memberikan akses gas bagi kebutuhan industri di Sidoarjo

Pertagas memiliki komimen yang kuat untuk memenuhi gas domestik dengan membangun berbagai infrastruktur gas baik di Sumatera, Jawa dan Bali secara konsisten.

 

Setelah merampungkan Proyek pipanisasi Arun-Belawan sepanjang 350 KM, Pertagas juga akan mulai membangun  pipa Gersik-Semarang (Gresem). Untuk itu Hendra berharap dukungan penuh dari Pemda yang wilayahnya dilalui jalur pipa untuk kesuksesan dan kelancaran pembangunan ruas pipa tersebut

 

Artikulli paraprakKrisEnergi Akuisisi Saham Blok A Aceh
Artikulli tjetërJatuhnya Harga Minyak Bikin Jeblok Harga Komoditas