Beranda Korporasi Rayakan HUT Pertambangan Ke-76, Berau Coal Borong Penghargaan Dari Kementerian ESDM

Rayakan HUT Pertambangan Ke-76, Berau Coal Borong Penghargaan Dari Kementerian ESDM

Jakarta,TAMBANG, PT Berau Coal kembali borong banyak penghargaan. Kali dalam ajang Penghargaan Prestasi Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Mineral dan Batubara yang Baik Tahun 2021. Ajang ini digelar Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, Rabu (29/9). Kegiatan ini juga menjadi bagian dari rangkaian kegiatan HUT Pertambangan dan Energi ke-76.

Penghargaan diberikan kepada badan usaha pertambangan yang telah menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik sebagai pendorong serta pemberi motivasi untuk dapat mencapai prestasi setinggi-tingginya. Ada setidaknya beberapa kategori penghargaan yang diberikan yakni pengelolaan Teknis Pertambangan, Pengelolaan Keselamatan Pertambangan, Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan, Pengelolaan Konservasi Mineral dan Batubara, serta Pengelolaan Standardisasi dan Usaha Jasa Pertambangan Mineral dan Batubara.

Ada penghargaan yang didapat oleh PT Berau Coal. Pertama, Piagam Utama dalam Pengelolaan Standardisasi dan Usaha Jasa Pertambangan Mineral dan Batubara Kelompok Pengelola Badan Usaha Pemegang Izin Usaha Jasa Pertambangan. Kedua, Piagam Utama dalam Pengelolaan Teknis Pertambangan Komoditas Batubara Kelompok Perusahaaan Pemegang PKP2B/IUP BUMN/IUP PMA/IUPK.

Penghargaan ketiga, Piagam Utama dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan Mineral dan Batubara Kelompok Badan Usaha Pemegang Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara dan Izin Usaha Pertambangan Khusus Komoditas Batubara. Keempat,Piagam Aditama dalam Pengelolaan Konservasi Mineral dan Batubara Kelompok Badan Usaha Pemegang Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara, Izin Usaha Pertambangan dan Izin Usaha Pertambangan Khusus Komoditas Batubara

Dan kelima adalah Penerima Trofi (Terbaik) dalam Pengelolaan Standarisasi dan Usaha Jasa Pertambangan Mineral dan Batubara Kelompok Pengelola Badan Usaha Pemegang Izin Usaha Jasa Pertambangan.

Seremoni penghargaan di atas diumumkan secara virtual melalui aplikasi Zoom dan Kanal Youtube Ditjen Minerba TV. Juga secara offline digelar di Hotel Bidakara, Jakarta.

Menteri ESDM Arifin Tasrif yang hadir secara virtual menyampaikan selamat kepada para perusahaan yang telah berhasil mendapatkan penghargaan. Menurutnya penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi pemerintah kepada perusahaan yang telah menerapkan kaidah pertambangan yang baik.

“Selamat kepada perusahaan yang meraih penghargaan. Semoga penghargaan ini juga dapat memotivasi perusahaan pertambangan lainnya untuk bisa menerapkan kaidah pertambangan yang lebih baik lagi ke depannya. Saya juga berharap agar perusahaan yang meraih penghargaan ini, juga dapat menjadi role model dan juga menjadi etalase untuk penerapan kaidah teknik pertambangan yang baik,” ungkap Arifin.

Sementara Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Ridwan Djamaluddin dalam sambutannya juga mengatakan, perusahaan yang mendapatkan penghargaan ini telah melalui proses penilaian. Proses penilaian penghargaan Prestasi Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Mineral dan Batubara yang Baik ini pun dilakukan secara penuh tanggung jawab dan secara ketat oleh para profesional. Mulai dari seleksi administarasi, verifikasi dan dilanjutkan melalui rapat-rapat pleno.

“Perusahaan-perusahaan yang meraih penghargaan ini, adalah perusahaan yang betul-betul menerapkan kaidah pertambangan yang baik,” lanjutnya.

Ridwan Djamaluddin mengatakan bahwa penghargaan ini adalah bukti pertanggungjawaban pelaku usaha pertambangan kepada masyarakat.

“Acara penghargaan ini sebagai bukti pertanggungjawaban kita kepada publik bahwa kegiatan pertambangan ini adalah industri yang kita upayakan sebaik-baiknya untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya” ujarnya.

Direktur Operasional dan HSE PT Berau Coal Arief Wiedhartono menerima langsung penghargaan yang diserahkan Direktur Pembinaan Pengusahaan Batubara Sujatmiko pada event yang diselenggarakan di Hotel Bidakara tersebut.

Arief Wiedhartono menyampaikan rasa syuku atas prestasi yang diraih PT Berau Coal. Terlebih satu hari sebelumnya PT Berau Coal juga mendapatkan Penghargaan Soebroto 2021 pada Bidang Inovasi Aspek Teknik dan Lingkungan untuk Kaidah Pertambangan yang Baik yang juga diselenggarakan oleh Kementerian ESDM pada Selasa (28/09).

“Penghargaan ini merupakan wujud nyata komitmen PT Berau Coal yang telah menjalankan operasionalnya sesuai dengan Kaidah Pertambangan yang Baik (good mining practice). Dan hal ini tentu menjadi motivasi bagi kami untuk konsisten dan terus meningkatkan kualitas unggul dalam operasional yang selamat, hijau, dan beyond compliance” pungkas Arief.

Artikulli paraprakPTAR Boyong Empat Penghargaan Tingkat Nasional dan Internasional
Artikulli tjetërKinerja Moncer Pertamina International Shiping