Respon Pidato Gubernur  The Fed, Bursa Asia Bergerak Variatif                                             

Respon Pidato Gubernur  The Fed, Bursa Asia Bergerak Variatif                                             

Jakarta, TAMBANG – Pasca mendengarkan pidato dari Gubernur The Fed, laju bursa saham Asia cenderung bergerak variatif seiring dengan terapresiasinya USD.

 

Analis Pasar Modal Asosiasi Analis Efek Indonesia (AAEI), Riza Priyambadha, melansir, Nikkei masih dapat bergerak positif dengan dukungan rilis data kenaikan ekspor Jepang dan pelemahan JPY terhadap USD. ASX menguat dengan dukungan saham-saham perawatan kesehatan dan material.

 

Sementara itu, sejumlah indeks saham lainnya bergerak melemah a.l Kospi bergerak turun dengan tekanan pada saham-saham konstruksi, baja dan logam, serta pabrikan otomotif.

 

‘HSI dan sejumlah indeks saham China lainnya turut melemah dengan tekanan pada saham-saham energi dan material,” kata Riza, Kamis (19/7).

 

Untuk zona Eropa, perhatian pelaku pasar terhadap rilis kinerja para emiten mampu membuat laju bursa saham Eropa bergerak menguat. Indeks pan-European Euro Stoxx 600 mengalami kenaikan 0,54 persen dengan dorongan hampir seluruh sektor saham, terutama saham-saham yang telah merilis kinerjanya.

 

Di sisi lain, kenaikan juga ditopang oleh optimisme pelaku pasar pasca mendengarkan pidato Gubernur The Fed terhadap ekonomi AS dan harapannya terhadap berkurangnya pengaruh perang dagang terhadap ekonomi AS.

 

Semenatra itu di pasar AS, adanya rilis dari Morgan Stanley dan CSX memberikan sentimen positif pada laju bursa saham AS. Begitupun dengan saham UnitedHealth dan American Express yang menguat sehingga berimbas positif pada indeks DJIA. S&P500 juga menguat dengan dorongan saham-saham keuangan.

 

“Akan tetapi, Nasdaq melemah seiring melemahnya sejumlah saham-saham teknologi,” tukas Riza.

 


Close
Close