Sah, Indika Kuasai 19,9 Persen Saham Tambang Emas Milik Nusantara

Sah, Indika Kuasai 19,9 Persen Saham Tambang Emas Milik Nusantara

Jakarta, TAMBANG – PT Indika Energy resmi menguasai saham di tambang emas milik Nusantara Resources. Melalui anak usahanya, PT Indika Mineral Investindo telah melakukan penyertaan atas 2,78 juta lembar saham di Nusantara. Adapun harga penyertanyaan, sebesar AUD0,23 per lembar. Total transaksi mencapai AUD639.459,80 atau setara dengan USD456.045,68.

 

“Atas penyertaan tersebut, perseroan melalui Indika Mineral menguasai 19,9 persen saham Nusantara,” tutur Sekretaris Perusahaan Indika Energy Adi Pramono dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, dalam keterangan resmi yang diterima tambang.co.id, Senin (28/1).

 

Melalui private placement, Indika Mineral masuk menjadi salah satu pemegang saham di Nusantara. Mereka akan melanjutkan pengembangan proyek di Awak Mas, Sulawesi Selatan. Agendanya meliputi studi lanjutan optimalisasi tambang, eksplorasi sekitar tambang, persiapan konstruksi proyek, dan pembiayaan proyek.

 

“Investasi ini merupakan langkah strategis Indika Energy untuk melakukan diversifikasi usaha ke sektor pertambangan lainnya di luar batu bara. Emas adalah sektor tambang yang prospektif dan ini adalah kesempatan yang baik karena proyek semakin mendekati tahap konstruksi dan produksi,” tutur Managing Director sekaligus CEO Indika Energy, Azis Armand.

 

Sebelumnya, Nusantara telah melakukan pengeboran sekitar 135 kilometer dengan 1.100 titik pengeboran di tambang Awak Mas. Tambang tersebut dikelola oleh anak usaha Nusantara, PT Masmindo Dwi Area. Ia memegang Kontrak Karya (KK) generasi ketujuh, dan memiliki hak eksklusif untuk mengeksplorasi Proyek Awak Mas hingga 2050.

 

Diperkirakan, cadangan bijih yang tersimpan di Awak Mas mencapai 1,1 juta ounce. Lalu ditambah lagi, punya sumber daya sebesar 2 juta ounce.

 

“Indika Energy dan Nusantara akan bekerja sama untuk mengoptimalkan dan mengakselerasi pengembangan Awak Mas,” tutur Azis.

 

Di sudut berbeda, Managing Director Nusantara, Mike Spreadborough bilang, sokongan dana dari Indika, akan membantu kemajuan pengembangan Awak Mas.

 

“Kemampuan, kompetensi dan pengalaman yang dimiliki Indika Energy akan mendatangkan banyak kontribusi positif bagi pembangunan Proyek ini,” ujar Mike.


Artikel Lain
Close
Close