Beranda CSR Siapkan SDM Lokal, Amman Mineral Buka Beasiswa Vokasi Di Lingkar Tambang

Siapkan SDM Lokal, Amman Mineral Buka Beasiswa Vokasi Di Lingkar Tambang

Jakarta, TAMBANG – Perusahaan tambang tembaga dan emas, PT Amman Mineral Nusa Tenggara membuka sejumlah program pendidikan vokasi bagi masyarakat di lingkar tambang, khususnya di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Dalam penyelenggarannya, Amman Mineral berkolaborasi dengan berbagai institusi pelatihan sebagai bagian dari program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM).

Head of Corporate Communications Amman Mineral, Kartika Octaviana mengatakan, program pelatihan vokasi dirancang untuk menjawab kebutuhan industri dan juga visi pemerintah dalam mengembangkan wilayah Sumbawa Barat. Dalam hal ini, Amman Mineral inginn mendukung kesiapan sumber daya manusia (SDM) lokal yang berkualitas.

Terbaru, Amman Mineral menyelenggarakan beasiswa pelatihan bahasa pemrograman komputer (coding) bagi generasi muda di Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat. Lembaga yang digandeng meliputi Glints Academy, ImpactByte, Haktiv8.

Sejumlah lembaga tersebut dilibatkan untuk melakukan seleksi, pelatihan intensif, dan juga perkenalan terhadap jaringan perusahaan-perusahaan digital.

“Perkembangan industri 4.0. mengharuskan tenaga kerja untuk cepat beradaptasi dengan teknologi, sehingga kami membuat pelatihan coding ” jelas Kartika melalui keterangan resminya, Selasa (28/7).

Kamudian, Amman Mineral telah meluncurkan program beasiswa pelatihan perhotelan (hospitality), yang bekerja sama dengan Bije Jari di NTB dan Bali Wise by R.O.L.E. Foundation yang berbasis di Bali. Dalam program ini, sekitar 70 masyarakat Sumbawa Bawat yang terpilih, mengikuti pelatihan profesional industri pariwisata dan juga on the job training.

Setelah program selesai, peserta pelatihan akan dihubungkan dengan perusahaan-perusahaan mitra yang bergerak di industri pariwisata, seperti hotel, kafe dan restoran, agen perjalanan serta pusat kebugaran (spa & wellness center).

“Visi Sumbawa Barat dalam membangun sektor pariwisata membuat kami berinisiatif merancang program pelatihan perhotelan atau hospitality,” sambung Kartika

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumbawa Barat Muslimin HMY, menyambut baik dan mendukung penuh inisiatif program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Amman Mineral.

“Melalui berbagai program ini, kami berhadap agar generasi muda dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan mereka. Sehingga nantinya para lulusan program-program ini dapat menjadi tenaga kerja yang handal dan diserap dengan baik oleh berbagai industri yang relevan di wilayahnya,” kata Muslimin.

Untuk diketahui, selain hospitality dan coding, Amman Mineral juga menyelenggarakan program beasiswa pelatihan dasar teknik alat berat dan operator bagi generasi muda di Sumbawa Barat. Program ini dapat diselenggarakan dengan kemitraan bersama United Tractors (UT) School, sebagai insitusi pendidikan vokasi pengoperasian alat berat berstandar internasional di Indonesia, yang telah menghasilkan para ahli yang tersebar di berbagai perusahaan.

“Ke depannya kami akan terus berinovasi guna menyelenggarakan berbagai program yang mendukung pembentukan tenaga kerja berkualitas. Kami berharap berbagai program yang kami selenggarakan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat,” tutup Kartika.

Artikulli paraprakCegah Klaster Covid-19 Di Tambang, 6 Ribu Karyawan Harita Nickel Divaksin
Artikulli tjetërHindari Praktik Suap, Dirjen Minerba Dorong Sistem Perizinan Online