Sudah Sepekan, Tim Penyelamat Amman Mineral Evakuasi Korban Gempa Bumi

Sudah Sepekan, Tim Penyelamat Amman Mineral Evakuasi Korban Gempa Bumi

Sumbawa Barat, TAMBANG – PT Amman Mineral Nusa Tenggara (Amman Mineral) dan Aliansi Mitra Kerja sudah sepekan  berjibaku melakukan pertolongan di wilayah dampak gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggal sejak 2 Oktober lalu. Tim Tanggap Darurat Amman Mineral terlibat dalam kegiatan pencarian dan evakuasi korban serta bantuan layanan kesehatan.

 

“Amman Mineral dan Aliansi Mitra Kerja menyampaikan rasa prihatin dan duka cita yang mendalam atas bencana gempa bumi dan gelombang tsunami yang menimpa saudara-saudara kita di wilayah kabupaten Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah. Misi kemanusiaan yang kami lakukan adalah wujud kepedulian perusahaan untuk bersama-sama membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah,” Presiden Direktur PT Amman Mineral Nusa Tenggara, Rachmat Makkasau, dalam keterangan resminya, Senin (8/10).

 

Tim Tanggap Darurat Amman Mineral terdiri dari regu Penyelamat, dokter dan tenaga medis dan dipimpin langsung oleh Marcus Eriec, Superintendent Fire Emergency Service. Tim yang bertugas dilengkapi dengan peralatan yang dibutuhkan untuk penanggulangan pasca bencana seperti, tenda pleton, genset, kendaraan serta obat-obatan. Tim Tanggap Darurat Bencana Amman Mineral akan berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palu dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

 

Sementara itu, di wilayah dampak gemba bumi yang mengguncang beberapa wilayah di Nusa Tenggara Barat, seperti Lombok, Sumbawa Barat dan Sumbawa, Amman Mineral bekerja sama dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Alam Asri Desa Jelenga mengembangkan Obyek Wisata Pantai Jelenga yang berada di Desa Jelenga, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat, NTB.

 

Tempat ini diberdayakan,  sebagai tempat wisata yang nyaman untuk wisatawan domestik maupun mancanegara. Pengembangan obyek wisata ini dilakukan dengan cara meningkatkan kualitas dan pelayanan penunjang wisata di Pantai Jelenga yang akan meningkatkan daya tarik bagi wisatawan.

 

“Kabupaten Sumbawa Barat memiliki potensi wisata pantai yang tinggi dan salah satu obyek wisata yang potensial untuk dikembangkan adalah Pantai Jelenga. Melalui kemitraan kami dengan Pokdarwis Alam Asri Pantai Jelenga, kami ingin memberdayakan masyarakat sekitar untuk bersama-sama mengembangkan usaha-usaha baru yang dapat menunjang sektor pariwisata di wilayah ini, seperti membangun penginapan, rumah makan, dan aneka usaha kerajinan tangan. Melalui inisiatif ini kami berharap perekonomian masyarakat dapat terus ditingkatkan, membuka peluang kesempatan kerja yang pada akhirnya dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan pendapatan asli daerah,” kata Anita Avianty, Head of Corporate Communications PT Amman Mineral Nusa Tenggara.

 

Sementara Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Sumbawa Barat, Ir. I Gusti Sumbawanto M.Si dalam sambutannya di acara pembukaan destinasi wisata Pantai Jelenga menyampaikan apreasiasi kepada Pokdarwis dan Amman Mineral yang telah bersinergi mengembangkan obyek wisata tersebut.

 

“Hitam putihnya pariwisata ini tergantung Pokdarwis. Pokdarwis yang maju adalah yang bisa menjalankan Sapta Pesona yaitu tidak ada sampah berserakan, aman, bersih, rapi, indah, tertib, sejuk dan ramah tamah,” kata Gusti Sumbawanto.

 

Sementara menurut Ketua Pokdarwis Alam Asri Jibrata Utama, mengucapkan terima kasih kepada Amman Mineral yang sudah memberikan kepercayaan kepada mereka.

 

“Kami berharap Pantai Jelenga dapat menjadi sentral pariwisata di Kabupaten Sumbawa Barat dan mengajak semua pihak untuk sama-sama menjaga obyek wisata Pantai Jelenga,” kata Jibrata.

 

 

 


Close
Close