Beranda Safety Sukses Selenggarakan Acara Hybrid Dengan Peserta Terbanyak, APKPI Raih Piagam MURI

Sukses Selenggarakan Acara Hybrid Dengan Peserta Terbanyak, APKPI Raih Piagam MURI

Jakarta,TAMBANG- Satu lagi catatan keberhasilan diraih Asosiasi Profesi Keselamatan Pertambangan Indonesia (APKPI). Kali ini APKPI meraih Piagam MURI sebagai Organisasi penyelenggaran hybrid peserta terbanyak di Indonesia. Piagam ini diserahkan oleh utusan MURI di Sekretariat APKPI di Bogor pada Rabu (30/3).

Selain itu Pendiri Museum Rekor Indonesia (MURI) Jaya Suprana menyampaikan testimoni yang disampaikan lewat video. “Saya dengan bangga dan hormat memaklumat rekor hari ini kepada APKPI sebagai pemrakarsa kampanye Keselamatan Pertambangan hybrid dengan peserta terbanyak. Semoga Keselamatan Pertambangan Indonesia berjaya. Selamat,” ungkap Jaya Suprana disela acara Talkshow APKPI bertemakan ‘Membangun Keselamatan Pertambangan yang Tangguh dalam Menghadapi Era Digitalisasi.

Pria yang mendapatkan predikat lulusan terbaik dari sekolah musik Hochschule Muenster, Jerman dan orang asia pertama yang pernah diangkat sebagai kepala musik di Jerman ini berharap peserta hybrid sebanyak 4.569 dari Sabang hingga Merauke tersebut sebagai simbol persatuan para seluruh pekerja dan khusus pekerja tambang di Indonesia.

Usai memberikan sambutan, perwakilan dari MURI menyerahkan piagam MURI kepada Direktur APKPI Alwahono, Dewan Pengawas APKPI Eko Gunarto dan Sekjen APKPI sekaligus ketua panitia Mine Safety Campaign Ade Kurdiman. Penyerahan rekor MURI tersebut, diikuti hampir 500-an peserta melalui tayangan zoom dan live streaming di chanel youtube.

Sebagai informasi, penghargaan MURI tersebut adalah kado manis bagi APKPI karena berhasil membuat acara kampanye keselamatan pertambangan secara daring dan luring dengan peserta terbanyak. Adapun jumlah peserta mencapai 4.569 dan 1.275 perusahaan.

Pelaksanaan Mine Safety campaign berlangsung sejak 12 Januari 2022 hingga 12 Februari 2022 sebagai bagian dari bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) nasional. Selama penyelenggaraan hybrid bekerjasama dengan sejumlah perusahaan seperti PT Mifa Bersaudara, PT Bara Energi Lestari, PT Agincourt Resources, PT Pamapersada Nusantara (PAMA), PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA), PT Berau Coal dan PT Vale Indonesia, Tbk, dan lain-lain.

Menariknya, pelaksanaan bulan K3 Nasional bertajuk mine safety campaign oleh APKPI berlangsung dengan pengibaran bendera merah putih di titik nol kilometer barat Indonesia di Sabang, Aceh, pada 12 Januari 2022 dan ditutup pula dengan pengibaran merah putih di titik nol kilometer timur Indonesia di Merauke, Papua, pada 12 Februari 2022.

Direktur APKPI Alwahono mengatakan penghargaan dari MURI menjadi legasi atau warisan kepada generasi mendatang supaya tahu bahwa APKPI sangat serius dalam membangun budaya keselamatan pertambangan.

“Kami berterimakasih kepada semua pihak, sehingga terlaksana mine safety campaign pada bulan K3 nasional sehingga berjalan dengan lancar. Kami roadshow dimulai dari Sabang Aceh pada 12 Januari 2022 dan berakhir di Merauke pada 12 Februari 2022,” kata Alwahono.

Dia mengatakan melaksanakan pengibaran bendera merah putih di Sabang dan Merauke memperingati bulan K3 nasional bahwa APKPI mengajak kepada insan pertambangan asosiasi sendiri, pengusaha, pekerja dan pemerintah agar senantiasa menaruh perhatian serius tentang keselamatan pertambangan.

“Insan pertambangan agar mampu menghadapi tantangan dan perubahan begitu cepat dalam era digitalisasi saat ini. Keselamatan pertambangan yang tangguh, mampu beradaptasi dengan belajar dari masa lalu, menghadapi risiko terjadi saat ini dan mampu mengantisipasi risiko yang mungkin akan terjadi,” kata Alwahono.

Artikulli paraprakPemerintah Luncurkan BBM Pertamina Dex Setara EURO IV
Artikulli tjetërPT Timah,Tbk Sukses Raih Dua Penghargaan Di TOP CSR Awards 2022