Trakindo Luncurkan Dua Produk Generasi Terbaru

Trakindo Luncurkan Dua Produk Generasi Terbaru

Jakarta,TAMBANG. PT  Trakindo Utama (Trakindo) kembali memanjakan pelanggannya lewat dua produk hydraulic eksavator generasi terbaru (Next Gen) yakni Cat 320 GC & 320. Kedua produk ini telah dilengkapi beragam teknologi masa depan. Acara peluncuran pun berlangsung meriah yang dilaksanakan di Trakindo Training Center, Cileungsi, Jawa Barat (1/8/2018).

 

Trakindo menyadari bahwa teknologi terus mengalami perkembangan dan telah menjadi kebutuhan industri saat ini. Oleh karenanya inovasi menjadi keharusan untuk menghadirkan produk-produk yang bisa memenuhi kebutuhan pelanggan.

 

 “Inovasi secara berkelanjutan adalah cerminan nilai dasar perusahaan untuk mendukung kemajuan pelanggan. Melalui teknologi terdepan yang diterapkan pada produk dan layanan, pelanggan kami dapat memperoleh peningkatan efisiensi dan produktivitas yang berimbas positif pada daya saing mereka,” kata David Freddynanto, Chief Marketing Officer Trakindo.

 

David pun menambahkan peluncuran Cat 320 GC & 320 Next Gen adalah bagian dari komitmen Trakindo dalam memberikan solusi terbaik bagi pelanggan. Dari sana diharapkan dapat berkontribusi pada kemajuan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

 

Sebagai penyedia solusi alat berat Caterpillar yang berkelas dunia di Indonesia, Trakindo melihat peluang pasar yang luar biasa di sektor pertambangan dan infrastruktur. David menyebut sejak tahun 2016, permintaan alat berat terus mengalami pertumbuhan. Bahkan trend ini masih akan berlanjut hingga 2019.

 

Penopangnya adalah kenaikan harga komoditi tambang dan juga maraknya pembangunan infrastruktur. Sebagaimana diketahui pemerintah menjadikan pembangunan infrastruktur sebagai salah satu prioritas utama dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi dan daya saing nasional melalui sub-sektor seperti konektivitas, ketahanan air dan pangan, perumahan, serta infrastruktur permukiman.

 

Hydraulic excavator kelas 20 ton merupakan salah satu alat berat yang paling diminati di pekerjaan infrastruktur. Ini tidak lain karena memiliki fungsi serbaguna dan mampu melakukan pekerjaan di berbagai medan.

 

General Manager Marketing Forestry, Agriculture & Construction Trakindo,  Rozy Andrianto memastikan Cat 320 GC & 320 Next Gen yang diperkenalkan hari ini adalah transformasi dari hydraulic excavator kelas 20 ton andalan Trakindo.

 

Rozy mengatakan produk generasi terbaru ini dilengkapi dengan berbagai teknologi yang didesain untuk semakin meningkatkan produktivitas kerja, namun sekaligus menekan biaya operasionalnya.

 

“Berbagai fitur baru dan terdepan dibenamkan, untuk menghasilkan pekerjaan yang lebih akurat, handal, efisien, berkualitas dunia, dengan selalu mengedepankan kenyamanan operator dan keamanan kerja.” tandas Rozy.

 

Keunggulan yang dimiliki dua produk Generasi Terbaru ini semakin lengkap dengan berbagai layanan yang disediakan Trakindo. “Jaringan dukungan kami ada di lebih dari 60 lokasi yang siap melayani pelanggan di seluruh Indonesia. Pelanggan juga dapat menghubungi Trakindo Contact Center 1-500-228 (1-500-CAT) yang beroperasi 24 jam dan terintegrasi dengan Services Command Center,”terang Ivan Tulong, Chief Sales Officer Trakindo.

 

Bahkan Ivan menjelaskan bahwa acara peluncuran Cat 320 GC & 320 Next Gen nantinya akan dilakukan di 5 kota besar lain di Indonesia. “Jadi dua produk ini sudah adad di beberapa lokasi tempat peluncuran,” terang Ivan.

 

Sementara itu, di acara pembukaan yang dihadiri oleh para pelanggan setia Trakindo Managing Director PT Trakindo Utama Ali Alhabsyi menjelaskan tentang keunggulan kedua produk tersebut.  Cat 320 GC hadir dengan dilengkapi berbagai teknologi yang bisa memberi manfaat terbaik di kelasnya, lebih bertenaga, makin lincah, dan hemat bahan bakar.

 

Setidaknya alat ini menjawab tiga tantangan di industri alat berat yakni produktivitas, hemat bahan bakar dan perawatan. Dengan kualifikasi tersebut, produk ini optimal untuk digunakan pada aplikasi ringan, konstruksi, irigasi, hingga membuka lahan jalan.

 

Ali melanjutkan, Cat 320 GC  memiliki kapasitas bucket standar terbesar di kelasnya, yaitu 1m3, memiliki daya gali lebih kuat dan lincah, serta menghasilkan siklus pekerjaan (cycle time) yang lebih cepat. Sementara teknologi yang terdapat di Cat 320 GC didesain untuk memiliki biaya pemeliharaan yang lebih rendah, yaitu turun hingga 15% dari pendahulunya karena interval pemeliharaan lebih panjang. Selain itu kebutuhan suku cadang dan oli lebih sedikit.

 

“Produk ini didukung berbagai fitur seperti teknologi SMART Mode yang dapat membuat unit beroperasi pada revolutions per minute (RPM) mesin lebih rendah, teknologi elektro hidrolik dan pompa hidrolik yang lebih besar, hingga kipas pendingin yang dapat diatur secara elektronik,” terang Ali.

 

Alat ini juga mampu menghemat konsumsi bahan bakar hingga 20% dari pendahulunya menjadi 13 liter/jam.  Jika pada penggunaan tahun pertama pelanggan mendapati konsumsi rata-rata bahan bakar melebihi angka tersebut maka selisihnya dapat diklaim ke Trakindo dan akan diganti dalam bentuk voucher suku cadang (selama pemakaian sesuai ketentuan dan dimonitor oleh sistem Product Link™). 

 

Sementara  Cat 320  merupakan generasi terbaru 320  yang sudah dilengkapi dengan teknologi masa depan yang bisa memberikan performa terbaik di kelasnya. Alat ini , lebih produktif, semakin akurat, namun hemat biaya operasional. Produk ini optimal digunakan pada utilisasi berat yang panjang, dan terus-menerus.

Teknologi terdepan di Cat 320  diyakini akan membantu pelanggan meningkatkan efisiensi dan akurasi kerja hingga 45%. Cat Grade 2D akan membantu operator melakukan pekerjaan grading, serta cut and fill, lebih cepat dan tepat.

 

Sementara Cat Grade with Assist membantu pergerakan boom, stick & bucket yang otomatis menghasilkan akurasi pekerjaan dengan kerja yang minimum, operator hanya menentukan kedalaman dan memonitor kemiringannya.

 

Lalu Cat Payload memastikan ketepatan jumlah muatan dengan memberikan informasi penimbangan langsung yang akurat selama proses kerja, sehingga membantu menghindari kelebihan/kekurangan muatan. Cat 320 memberikan garansi hemat bahan bakar pada tahun pertama dengan konsumsi rata-rata 16 liter/jam.

 

Kemampuan payload pun sudah meningkat. Dengan kapasitas bucket standar sebesar 1,19 m3 dan merupakan terbesar di kelasnya. Alat ini juga dilengkapi fitur keamanan terdepan yakni E-fence yang secara otomatis menghentikan pergerakan ekskavator berdasarkan batas yang sudah ditentukan sebelumnya. Tujuannya tidak lain melindungi operator dari kelelahan dengan mengurangi over-swinging dan over-digging, serta dilengkapi dengan kamera belakang yang menjadi fitur standar guna memberikan visibilitas 270⁰. Keunggulan lainnya adalah proses perawatan harian lebih mudah dan aman dilakukan karena dapat diakses di ground level (100% ground level daily maintenance).

 

Selain kedua alat yang merupakan generasi terbaru, Trakindo hari ini juga memperkenalkan  backhoe loader Cat 426F2. Produk ini punya keunggulan mulai dari kenyamanan kerja operator, dan dijanjikan harga bersaing dengan kualitas kelas dunia.


Artikel Lain
Close
Close