Transformasi Digital Yang Tidak Lagi Mahal

Transformasi Digital Yang Tidak Lagi Mahal

PT TRIMITRA SISTEM SOLUSINDO (TRIMITRASIS)

TRANSFORMASI DIGITAL YANG TIDAK LAGI MAHAL

 

Di era yang serba cepat dan transparan seperti saat ini, serta menyongsong meluasnya tren Industry 4.0, kesiapan internal dalam pembenahan transformasi digital menjadi topik yang sangat hangat dibicarakan di kalangan pelaku industri khususnya pertambangan saat ini.

 

Menurut Dery Hananto, COO dari PT Trimitra Sistem Solusindo (Trimitrasis), ada hal yang menarik dari tren transformasi digital di dunia pertambangan saat ini, ”Dulu transformasi digital hanya bisa dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar mengingat biayanya mahal, namun kini skala menengah dan kecil pun bisa melakukannya karena semakin terjangkau”. Hal ini jugalah yang memicu banyak perusahaan untuk semakin melek terhadap digitalisasi.

 

Lanjutnya, hal yang sangat penting bagi para stakeholder tambang untuk kebutuhan digitalisasi mereka adalah akurasi laporan keuangan dan kesesuaian dengan kegiatan operasional di lapangan secara real time dan accountable.

 

”Untuk itulah diperlukan sistem ERP yang tangguh, guna menunjang kebutuhan operasional site dan kegiatan back office perusahaan secara terintegrasi, sekaligus menyediakan kemampuan untuk dikembangkan mengikuti ekspansi bisnis dari stakeholder,” jelas Dery.

”Paradigma bahwa digitalisasi adalah proyek IT harus diubah, karena sebenarnya transformasi digital adalah sama dengan bentuk transformasi bisnis perusahaan sehingga semua departemen terlibat di dalamnya”, terang Dery, yang juga telah lama berkecimpung di jasa konsultasi pertambangan.

 

”Kini tantangan terberat dalam melakukan transfor-masi digital adalah kesiapan internal perusahaan, dengan berubahnya bisnis proses yang selama ini mereka jalankan”, imbuhnya.

 

PT Trimitra Sistem Solusindo (Trimitrasis), yang bergerak di bidang Mining Consulting, Technology, dan Operation Support, menawarkan jasa transformasi digital bagi perusahaan pertambangan dengan waktu yang lebih singkat dan biaya yang lebih terjangkau.

 

Menggunakan metode Rapid Development dan berdasarkan pengalaman lebih dari 10 tahun, serta pendekatan bisnis proses dengan Global Best Practice, Trimitrasis percaya bahwa merubah proses bisnis konvensional yang masih dilakukan secara manual atau paper based ke proses bisnis yang serba digital akan dapat dilakukan dalam waktu enam bulan atau kurang.

 

”Kunci suksesnya transformasi digital bagi perusahaan tambang adalah menemukan partner yang tepat, disitulah kekuatan Trimitrasis saat ini, kami begitu mengenal industri ini. Jadi kami mengerti apa yang mereka butuhkan dan dapat memberikan digital transformation road map yang tepat bagi para client kami,” terang Dery.

Trimitrasis menawarkan “TMS Mining Solution Package” untuk menjawab kebutuhan perusahaan pertambangan dalam rangka melakukan transformasi digital. Dengan membawa mining experience dan platform utama SAP S/4HANA, Trimitrasis yakin solusi tersebut akan dapat memenuhi kebutuhan dan ekspektasi dari para stakeholder perusahaan.

 

Berdasarkan survei Gartner tahun 2019, transformasi digital adalah top priority bagi para pelaku industri. Dan hanya 4% perusahaan yang tidak memiliki inisiatif untuk melakukan digital transformation, dengan begini pemain di industri menyadari bahwa transformasi ini penting dan mendesak untuk segera direalisasikan.

 

TMS Mining Solution Package adalah jawaban untuk meminimalisir risiko implementasi dalam transformasi digital, karena konsep yang ditawarkan oleh Trimitrasis melalui produk ini adalah Template Design yang sudah proven. Dan Trimitrasis sebagai penyedia jasa juga akan memberikan insight dan sharing atas business case yang dihadapi perusahaan. Sehingga implementasi akan lebih berfokus kepada hal yang lebih essensial dan tidak menghabiskan banyak waktu untuk basic business process.

 

Alasan dibuatnya akan paket mining, Dery menjelaskan, ”Kami menyadari bahwa industri tambang ini orang-orangnya yang spesifik, sehingga kita perlu suatu paket desain komplit yang menggambarkan mining sense yang kuat agar dapat dengan mudah diterima oleh market”.

TMS Mining Solution Package berfokus kepada penataan basic business process perusahaan. Untuk semua area departemen, mulai dari Operation (engineering, production, maintenance, logistic, dan purchasing), sales dan shipment, financial (accounting, tax, dan finance), hingga ke Human Resource Management. Dan mencakup semua proses, mulai dari kegiatan Pre-Operation, Exploration & Development, Production, hingga ke proses Reclamation.

 

Selain kegiatan penambangan (Mining Activities), paket ini juga dapat mencakupi kebutuhan untuk area Processing, seperti Chrusing, Sizing, Blending, bahkan termasuk Smelting Process yang merupakan salah satu proses bisnis terkompleks untuk produk turunan emas, nikel, dan tembaga.

 

TMS Mining Solution Package akan menjawab beberapa key challenges di industri pertambangan saat ini:

 

  • Meningkatkan akurasi perhitungan Harga Pokok Penjualan (HPP) atau sering disebut dengan istilah COGS, dengan mempertimbangkan semua detail dari berbagai transaksi yang terlibat.
  • Mengintegrasikan material supply chain untuk menjamin kegiatan operasional dapat berjalan dengan baik, sekaligus mengatasi masalah lamanya pemenuhan material, tingginya nilai inventory, kurangnya visibilitas terhadap stok aktual, dan tingginya biaya management gudang.
  • Meningkatkan fungsi fleet management, termasuk didalamnya kegiatan maintenance, produksi, hingga fuel consumption monitoring.
  • Meningkatkan visibilitas terhadap kegiatan produksi di site tambang dengan informasi yang menyeluruh, dari mulai kegiatan Overburden, Getting, Hauling, Processing, Hauling, hingga Loading dan Shipment.
  • Memastikan kegiatan shipment terintegrasi dengan berbagai aktivitas dan biaya pendukungnya, seperti biaya royalti, loading cost, surveyor cost, hingga biaya penyewaan kapal (CIF). Sekaligus mengintegrasikan form cetakan dokumen penagihan ke dalam sistem sesuai kebutuhan.
  • Meningkatkan fungsi manajemen sumber daya manusia, dengan mengintegrasikan seluruh kegiatan yang berkaitan dengan pegawai terhadap departemen lainnya, seperti penggajian (payroll), timesheet operator, hingga travel expense.

 

Dengan nilai investasi bisnis yang terjangkau dan benefit yang akan didapatkan oleh perusahaan sangat banyak, maka TMS Mining Solution Package bisa menjadi alternatif pilihan yang tepat untuk menjalankan tranformasi digital bagi para pelaku di industri pertambangan saat ini.

 

Selain itu produk ini dapat dengan mudahnya dikembangkan untuk analytic report dan terintegrasi dengan solusi mobility untuk kemudahan dalam bertransaksi bisnis.


Close
Close