Beranda Korporasi Untuk Keempat Kalinya, ABM Investama Raih Penghargaan ASSRAT

Untuk Keempat Kalinya, ABM Investama Raih Penghargaan ASSRAT

Jakarta,TAMBANG,- PT ABM Investama,Tbk (ABMM) kembali meraih penghargaan prestisius berskala internasional terkait komitmen perusahaan dalam penerapan prinsip berkelanjutan. Ini merupakan kali keempat bagi perusahaan yang merupakan induk dari PT Mifa Bersaudara ini. Kali ini ABM Investama dianugerahi penghargaan kategori “Silver Rank” dalam ajang Asia Sustainability Reporting Rating 2021 (ASSRAT). Kegiatannya diselenggarakan secara hybrid pada Rabu (17/11/2021) di Jakarta.

Penghargaan ini juga merupakan apresiasi pada ABMM yang secara nyata telah mendukung terwujudnya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainability Development Goals – SDGs). Penghargaan ini diberikan untuk Laporan Berkelanjutan (Sustainability Report) 2020 ABMM bertajuk “Merancang Prospek Masa Depan (Fostering Future Prospects).

Direktur Utama ABMM Andi Djajanegara menyambut antusias atas kembali diraihnya penghargaan prestisius berskala internasional ini selama empat tahun berturut-turut, yaitu “A Commendation For Four Consecutive Years Participation In ASSRAT”.

“Kami merasa terhormat dan berbahagia atas penghargaan ini. Partisipasi ABMM yang keempat kalinya secara berturut-turut dalam ajang ini merupakan bagian dari strategi keberlanjutan serta penerapan ESG yang menjadi fokus utama dalam upaya menciptakan kesinambungan pertumbuhan bisnis,” ungkap Andi.

Andi melanjutnya, “Kami percaya bahwa keberlangsungan usaha lekat dengan pelaksanaan tanggung jawab lingkungan dan sosial. Dukungan dari publik akan menumbuhkan iklim investasi yang sangat positif untuk ABMM, terutama kebanggaan karyawan terhadap perusahaan sehingga dapat berkontribusi secara optimal. Penghargaan ini memacu kami untuk senantiasa melakukan yang terbaik demi masa depan yang berkelanjutan”.

Laporan keberlanjutan ini merupakan publikasi tahun ke-4 yang sudah dilakukan Perseroan. Hal ini sekaligus meneguhkan komitmen transparansi informasi ABMM kepada seluruh pemangku kepentingannya. “ABMM telah secara serius menunjukkan langkah-langkah transformasi terkait keberlanjutan bisnis, salah satunya dengan publikasi sustainability reporting sejak 2017. Perseroan juga telah merancang konsep keberlanjutan yang kami namakan Sustainability House, untuk mempermudah harmonisasi antara penetapan target-target ESG dan aspek monitoring hingga pengungkapannya kepada publik,” terang Andi.

Penghargaan ini diselenggarakan oleh National Center of Sustainability Reporting (NCSR), Lembaga non-profit anggota dari Global Reporting Initiative (GRI). Lembaga ini konsisten dalam pengukuran transparansi informasi korporasi pada pengelolaan aspek Environmental, Social, and Governance (ESG) melalui publikasi laporan keberlanjutan perusahaan (sustainability report).

Ratusan perusahaan, baik dari dalam negeri maupun internasional di Asia turut berpartisipasi dalam ASSRAT 2021. ABMM merupakan salah satu dari sekitar 120 perusahaan di Indonesia yang menerbitkan Laporan Keberlanjutan dan mengikuti ajang ini.

Metodologi penilaian ASSRAT menggunakan standar Global Reporting Initiative (GRI) yang juga mencakup kepatuhan regulasi pasar modal POJK 51/2017, kesesuaian dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainability Development Goals – SDGs), pengelolaan emisi dan energi yang berkaitan dengan upaya pengurangan dampak perubahan iklim (climate change), serta standar dan pedoman pelaporan yang juga telah melalui proses “assurance” oleh lembaga independen.

Sebagai informasi, ABMM juga memiliki komitmen kuat melalui kemitraan strategis untuk mendukung pencapaian SDGs. Perusahaan juga telah membangun kemitraan dengan Yayasan Kumala melalui program pemberdayaan kelompok rentan di fasilitas Sentra Kreasi Atensi yang telah diresmikan secara langsung oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini pada awal November lalu. Perusahaan juga tengah mengembangkan program pelestarian keanekaragaman hayati dan gerakan pemberdayaan generasi milenial desa di kawasan Bogor melalui kemitraan dengan Yayasan Greena.

Tidak hanya itu, komitmen ABMM dan seluruh entitas usahanya dalam menerapkan aspek keberlanjutan telah dibuktikan dengan adanya berbagai perhargaan lain yang berhasil diperoleh. Mulai dari penghargaan kategori “CCC” atas pengungkapan ESG dan kategori Gold pada ajang Penghargaan Emisi Korporasi yang juga diselenggarakan oleh Berita Satu Media Holding dan BGK di bulan April dan November 2021 lalu.

Penghargaan ESG Award peringkat “Terbaik” untuk keterbukaan ESG emiten sektor investasi non perbankan di tahun 2020, penghargaan “4 Star Company” dan TOP Leader CSR dari TOP CSR Award selama dua tahun berturut – turut (2020 dan 2021). Juga Penghargaan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI untuk Pengelolaan Lingkungan Pertambangan kategori Aditama (site Kalimantan) dan kategori Pratama (site Aceh) di tahun 2021.

Penghargaan “Platinum” dan “Gold” pada Indonesia CSR Award dan Indonesia SDGs Award melalui program pelestarian terumbu karang dan konservasi bakau. Serta penghargaan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI untuk kategori Inspirator Rehabilitasi DAS (2017).

“Diraihnya penghargaan ini tidak lepas dari hasil kerja keras seluruh keluarga besar ABM dan seluruh entitas usahanya yang selalu berkomitmen untuk menerapkan prinsip keberlanjutan (sustainability) dalam keberlangsungan usaha. Kami berharap ke depannya prestasi ini dapat terus kami pertahankan dan mampu memberikan dampak positif bagi lingkungan, dan juga seluruh pemangku kepentingan,” pungkas Andi.

Artikulli paraprakBerikan Apresiasi kepada Media, Pertagas Komitmen Pacu Pengembangan Program CSR  Lebih Baik
Artikulli tjetërLebih Dekat dengan Fire Truck Iveco