Beranda Mining Services Volvo Trucks Tantang Pengemudi Indonesia Di Fuelwatch Challenge

Volvo Trucks Tantang Pengemudi Indonesia Di Fuelwatch Challenge

Jakarta-TAMBANG. Volvo Trucks Indonesia menantang pengemudi di seluruh Indonesia untuk bersaing dalam ajang ‘Fuelwatch Challenge’. Pemenang yang terpilih akan berpartisipasi dalam ajang grand final di kota Hua Hin, Thailand pada September 2015.

 

Tahun ini, Volvo Trucks Indonesia mencoba menampilkan tingkat tertinggi keterampilan teknis dan kompetensi dengan teknik dan teknologi mutakhir. Kompetisi ‘Fuelwatch Challenge’ adalah ajang yang digelar untuk ke lima kalinya oleh Volvo Trucks.

 

Kompetisi ini menantang pengemudi untuk dapat mengemudi dengan cara efisien dan hemat bahan bakar. Ini hanya bisa diraih dengan memperhatikan pengendalian kendaraan umum dengan baik, dan tentunya dengan mementingkan metode keselamatan dan produktivitas secara keseluruhan.

 

Volvo Trucks Indonesia sendiri membuka kesempatan kepada 200 pengemudi dari seluruh Indonesia untuk bersaing dalam kompetisi. Dua kategori yang dilombakan adalah off-road dan on-road, dengan menggunakan model FM dan FH16 terbaru. Kompetisi akan berlangsung dari Februari hingga Juni 2015.

 

Pierre Jean Verge-Salamon, Presiden Direktur Volvo Trucks Indonesia, mengatakan kompetisi ‘Fuelwatch Challenge’ yang tiap tahunnya diselenggarakan Volvo Trucks Indonesia untuk memberikan kesempatan kepada pengemudi dalam mengembangkan kompetensi melalui pendidikan dan pelatihan guna mempertajam keterampilan mengemudi.

 

Ia yakin kalau saat ini sudah banyak juga pengemudi yang mengutamakan keselamatan dan irit dalam menggunakan bahan bakar saat mengoperasionalkan kendaraan. Karena itu, melalui ajang ‘Fuelwatch Challenge’, Volvo Trucks Indonesia juga berkomitmen untuk mendukung kegiatan mengemudi yang efisien bahan bakar dan ramah lingkungan.

 

Tak hanya sekedar lomba, tapi kompetisi ini juga melalui serangkaian pendidikan teori, pelatihan, dan uji kemudi kendaraan. Pierre Jean mengungkapkan pengemudi yang terampil benar-benar dapat mengurangi konsumsi bahan bakar hingga 10 persen.

 

”Jika ini dilakukan secara kolektif, akan memiliki dampak besar terhadap pengurangan biaya operasional. Ini akan membawa dampak yang positif dalam mencapai penghematan bahan bakar yang lebih besar bagi perusahaan,” katanya.

 

Babak awal ‘Fuelwatch Challenge’ 2015 dibuka dengan pertandingan off-road di PT Calvary Abadi. Acara yang digelar pada 16-17 Februari 2015 lalu di Mojokerto, Jawa Timur, mengundang antusias pengemudi di Indonesia. Sebanyak 8 pengemudi terbaik ikut berpartisipasi. Gelaran yang berlangsung selama 2 hari itu dilaksanakan melalui serangkaian pendidikan teori, pelatihan, dan uji kemudi kendaraan di jalanan sepanjang 2 kilometer di areal kompleks PT Calvary Abadi.

 

Pada kompetisi tersebut terpilihlah Supriyanto sebagai pengemudi yang paling efisien memakai bahan bakar. Dua pengemudi lainnya yakni, Heri Suwanto dan Ahnad Mujianto, terpilih sebagai juara dua dan tiga.

 

Pemenang yang terpilih nantinya akan berpartisipasi dalam ajang grand final di kota Hua Hin, Thailand pada September 2015 untuk bersaing dengan pengemudi lainnya dari seluruh Asia Pasifik. Ajang ‘Fuelwatch Challenge’ sendiri masih akan terus berlangsung di beberapa kota di Indonesia hingga bulan Juni mendatang.

 

Volvo Trucks percaya bahwa setiap pengemudi, dengan pelatihan yang tepat, dapat berkontribusi nyata dan positif terhadap perubahan melalui penggunaan bahan bakar yang lebih efisien.

 

”Diperkirakan penggunaan bahan bakar dapat menghabiskan hingga setengah biaya operasional perusahaan. Tentu setiap tetes bahan bakar yang digunakan pada kendaraan menjadi penting bagi pemiliknya. Budidaya armada pengemudi hemat bahan bakar merupakan aset perusahaan yang sangat bermanfaat,” pungkas Pierre Jean.

 

Artikulli paraprakProtes Kriminalisasi, Ratusan Warga Duduki Kantor Kideco
Artikulli tjetërTrader Gas Wajib Punya Jaringan Pipa